Wafaa Indonesia Gelar Pelatihan Pengajaran untuk Tingkatkan Kualitas Guru Mengajar di Sumatera

Selain di Indonesia, program ini juga diselenggarakan di Malaysia, Kyrgyzstan, Lebanon, dan Tanzania.

Wafaa Indonesia Gelar Pelatihan Pengajaran untuk Tingkatkan Kualitas Guru Mengajar di Sumatera
HandOut/Ist
Wafaa Indonesia menggelar program pelatihan pengajaran yang dinamakan Roadmap for Outstanding Educators (ROOTS Edu di SMAN 7 Bengkulu. Pelatihan ini merupakan inisiasi program global dari NAMA Foundation yang memperkenalkan pendekatan baru dalam teknik pengajaran kelas yang diadopsi dari teknik fasilitasi yang dikembangkan oleh lembaga pelatihan internasional. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wafaa Indonesia bertekad untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru-guru di Sumatera melalui serangkaian program pelatihan pengajaran.

Pelatihan diadakan secara serial di SD Muhammadiyah Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dan SMAN 7 Bengkulu.

Ketua Yayasan Wafaa Indonesia Taufik Ramlan Wijaya di Jakarta, 29 September 2019, mengungkapkan pelatihan ini merupakan inisiasi program global dari NAMA Foundation yang memperkenalkan pendekatan baru dalam teknik pengajaran kelas yang diadopsi dari teknik fasilitasi yang dikembangkan oleh lembaga pelatihan internasional.

Program ini dinamakan Roadmap for Outstanding Educators (ROOTS Edu).

Selain di Indonesia, program ini juga diselenggarakan di Malaysia, Kyrgyzstan, Lebanon, dan Tanzania.

Teknik pengajaran ini lebih menekankan pengalaman dan peran aktif murid dalam memahami sebuah pelajaran, sebuah pendekatan yang berbasis murid.

Tujuan utamanya adalah mengubah sudut pandang guru dalam memberikan pengajaran yang sebelumnya lebih menekankan transfer pengetahuan menjadi fasilitator bagi murid untuk memahami sebuah ilmu atau pelajaran.

Dalam kesempatan peninjauan acara, Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi menyatakan puas atas pelatihan yang diberikan dan menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Wafaa Indonesia ini.

Sedianya, pelatihan ini juga akan menjadikan metode ini sebagai alternatif solusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

DIa  berharap guru-guru yang telah mendapatkan pelatihan ini dapat mewarnai guru-guru lain agar dapat mempraktikkan pendekatan baru ini.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved