Ini Dia Peringkat 20 Universitas Negeri Paling Top di Indonesia Versi UniRank

Dalam pemeringkatan ini, UniRank membatasi pada pendidikan tinggi telah terakreditasi lembaga yang diakui pemerintah

Ini Dia Peringkat 20 Universitas Negeri Paling Top di Indonesia Versi UniRank
IST
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - UniRank, sebuah lembaga direktori pendidikan internasional merilis pemeringkatan universitas dunia tehadap lebih dari 13.600 universitas di 200 negara yang masuk dalam basis data mereka.

Dalam pemeringkatan ini, UniRank membatasi pada pendidikan tinggi telah terakreditasi lembaga yang diakui pemerintah setempat, memiliki program S1/S2 dan memberikan pembelajaran tatap muka (non-jarak jauh) saja.

Penyusunan UniRank University Ranking ini bertujuan untuk memberikan perkiraan peringkat global universitas berdasarkan pada kehadiran dan popularitas web atau laman resmi universitas dalam hal lalu lintas (traffic), kepercayaan/otoritas dan popularitas tautan berkualitas.

UniRank sendiri mengingatkan, pemeringkatan yang mereka lakukan tidak langsung merujuk pada pemeringkatan kualitas pendidikan atau tingkat layanan akademik yang disediakan.

Baca: Jokowi Soal Eks ISIS: Saya Akan Bilang Tidak, Tapi Masih Akan Bahas di Rapat Terbatas

Mereka juga mengingatkan pemeringkatan yang mereka lakukan bukan pemeringkatan akademik dan karenanya tidak boleh diadopsi sebagai kriteria utama memilih dan mendaftar universitas.

Ini Dia 20 PTN Terbaik Versi UniRank

Selain peringkat global, berdasarkan webmetric, bulan Januari 2020 lalu Unirank juga melakukan pemeringkatan terhadap 571 universitas negeri dan swasta di Indonesia.

Baca: Pria Bertato Ini Habisi Kekasihnya karena Cemburu dan Terlibat Cinta Segitiga

Mengambil dari 5 indikator webmetric seperti Domain Moz, Peringkat Global Alexa, Global SimilarWeb, Majestic Referring Domains dan Majestic Trust Flow, berikut 20 perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia versi UniRank:

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Indonesia

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved