Pentingnya Metode Belajar yang Kreatif yang Membuat Pembelajaran Lebih Menarik dan Disukai

Metode belajar yang kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai

Pentingnya Metode Belajar yang Kreatif yang Membuat Pembelajaran Lebih Menarik dan Disukai
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mutu pendidikan yang berkualitas merupakan nilai penting dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas sehingga diminati pasar dunia kerja.

Institusi pendidikan sebagai wadah untuk mengodok kader–kader pemimpin bangsa memerlukan suatu cara pendidikan yang mumpuni, karena instiusi pendidikan merupakan wadah tenaga ahli yang diharapkan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan memberi sumbangan kepada dunia.

"Dalam hal peningkatan prestasi studi siswa juga diperlukan metode kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukaI," kata Adhirama Gumay, Presiden Direktur UniSadhuGuna kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Untuk itu, program akademik perlu direncanakan dan dibangun sedemikian rupa dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa memperoleh hasil pendidikan yang optimal.

"Selain itu siswa juga dapat berperan aktif dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif dan inovatif sehingga mampu menghasilkan karya untuk kepentingan dirinya dan orang lain," katanya.

Baca: Video Orang Tua Antarkan Tas Anaknya yang Tertinggal di Rumah ke Kampus, Pakai Helikopter!

Baca: Isi Surat Edaran Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Kemendikbud dan Satuan Pendidikan

Baca: Wali Murid Aniaya Kepala Sekolah di Jambi Dilaporkan Polisi, Dinas Pendidikan Mendukung

Agar siswa siap menghadapi dunia kerja dan mengenal berbagai isu penting kegiatan untuk menambah soft-skill dan wawasan para siswa.

Hal ini menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat mempermudah pemahaman siswa terkait topik yang sedang menjadi perbincangan.

"Proses ini menjadi media yang tepat untuk mendukung aktivitas belajar juga menentukan evaluasi yang tepat untuk mengukur tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan," katanya.

Dalam kesempatan kali ini UniSadhuGuna International College ( UIC ) selaku unit pendidikan dari UniSadhuGuna melaksanakan Simposium bertajuk Equality and Diversity in the Workplace: Company, National and International Perspectives, bertempat di UIC College Pondok Indah.

“Kami berusaha mengenalkan isu di berbagai industri untuk memperkaya pengetahuan siswa agar siap menghadapi dunia kerja,” katanya.

Baca: Mahasiswi UI yang Dilecehkan Gerombolan Laki-laki Kecewa dengan Pernyataan Petugas Keamanan Kampus

Baca: Sopir TransJakarta yang Tabrak Mobil Istri Irjen Boy Rafli Kini Tersangka dan Terancam Penjara

Baca: Uni Eropa Kecam Kebijakan Donald Trump Larang Semua Penerbangan Dari Eropa ke Amerika

 Adhirama berharap, para siswa bisa berpikir kritis terhadap isu kesetaraan gender di dunia kerja agar tergerak untuk ikut berkontribusi pada potensi bisnis di masa depan.

Aimee Sukesna, Head of Campus UIC College (BSD) mengatakan, simposium ini merupakan bagian dari kurikulum UIC College untuk memperkaya pemahaman siswa terhadap berbagai topik penting yang terjadi di dunia nyata.

Simposium kali ini menghadirkan pembicara Dini Rosdini (Komisioner Independen PT Jamkrida Jabar), Mariana Amiruddin (Komisioner Komnas Perempuan) dan Tauvik Muhamad ( Project Manager / Technical Officer International Labour Organization (ILO) Indonesia.

UIC College telah meluluskan ribuan siswa yang berkarir baik di Indonesia maupun luar negeri. Di antara mereka ada yang bekerja di sebagai di Heinz dan di JP Morgan London.

Penulis: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved