Breaking News:

Orang Tua Perlu Catat, Pentingnya Memantau Perkembangan Anak Secara Berkala

Sebagai orang tua, sangat penting untuk memantau perkembangan anak secara berkala, terlebih memantau perkembangan anak-anak dijenjang Pendidikan Anak

Istimewa
Ilustrasi mendampingi anak belajar. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai orang tua, sangat penting untuk memantau perkembangan anak secara berkala, terlebih memantau perkembangan anak-anak di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), karena masa itu adalah masa-masa emas bagi anak.

Jika orang tua tidak mendampingi dan tidak mengetahui minat dan bakat dari anak, hal ini akan menyulitkan anak di masa depan.

Terlebih situasi pandemi Virus Corona ini, penerapan belajar yang tadinya diserahkan 100 persen oleh gurunya di sekolah, kini turut menjadi andil orang tua juga di rumah. Tak ayal, banyak orang tua yang mengeluh susahnya mendidik anak selama di rumah.

Baca: Dana BOS, BOP PAUD dan Kesetaraan Dapat Digunakan Dukung Proses Belajar dari Rumah

Namun, hal ini menjadi tantangan yang harus dapat dilalui oleh semua pemangku pendidikan termasuk para orang tua yang kini merasa kewalahan dalam mengurus rumah tangga sekaligus mendampingi anak belajar di rumah. Begitu banyak aktivitas rutin di luar rumah ditiadakan. Tak ada sapaan di sekolah, di kantor, di jalan, maupun di tempat umum lainnya. Teknologi berhasil merangkul itu semua.

Sebut saja ICANDO, aplikasi pendidikan anak rekomendasi Kemendikbud yang menjadi titik terang atas semua keresahan yang dihadapi orang tua selama pandemi ini. ICANDO bukan saja platform belajar daring, namun ICANDO juga dikembangkan dengan mengusung game-based education.

Baca: Sejarah Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang Diperingati setiap Tanggal 2 Mei

Ditambah, ICANDO juga dilengkapi dengan teknologi terkini yaitu voice dan hand-written recognition. Fitur ini tentunya dapat memudahkan anak dalam proses mendapatkan pengetahuannya secara mandiri. Pun dengan guru maupun orang tua dapat lebih mudah menjangkau kesulitan yang dihadapi anak bermodalkan satu aplikasi bernama ICANDO.

Berangkat dari permasalahan yang ada, ICANDO merilis complete version-nya yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati hari ini Sabtu, 2/5/2020. ICANDO memperkenalkan ICANDO Orang Tua sekaligus ICANDO Guru yang terintegrasi dengan ICANDO-Aplikasi Pendidikan Anak.

Orang tua dapat mendukung kegiatan belajar anak menggunakan platform belajar daring, apalagi jika platform tersebut dikembangkan dengan mengusung game-based education.
Orang tua dapat mendukung kegiatan belajar anak menggunakan platform belajar daring, apalagi jika platform tersebut dikembangkan dengan mengusung game-based education. (Istimewa)

Beberapa hal mungkin sempat dilewatkan orang tua dalam memahami pentingnya pendidikan anak usia dini salah satunya tidak memantau perkembangan anak secara berkala serta tidak mendampingi anak selama proses belajarnya. Hal inilah yang harus diperhatikan lebih lanjut oleh para orang tua.

Pentingnya dampingi anak saat belajar

“Dengan hadirnya Aplikasi ICANDO Orang Tua ini, kami berharap dapat mengakomodasi terjadinya interaksi positif khususnya antara orang tua dan anak,” jelas Syaiful Lokan selaku CEO ICANDO.

Terakhir, ICANDO juga memperkenalkan ICANDO Guru. Di sini, terdapat fitur-fitur yang dapat memudahkan guru dalam melengkapi kelengkapan administrasi sekolah sehingga guru dapat memiliki banyak waktu untuk melakukan inovasi pembelajaran untuk anak didiknya.

Baca: Tantangan dan Solusi Pengajaran PAUD di Masa Pandemi Covid-19

“Dengan hadirnya ICANDO Guru ini, harapannya guru dapat memiliki waktu lebih banyak dalam mengembangkan kreativitasnya dan menyusun kegiatan pembelajaran untuk para siswanya,” jelas Malasari selaku Head of Curriculum Developer ICANDO.

Tertarik untuk mencoba ICANDO? Langsung saja download aplikasinya di sini.

Jika Anda adalah seorang guru PAUD dan ingin merasakan banyak manfaat menggunakan Aplikasi Pendidikan ICANDO dan ICANDO Guru serta ICANDO Orang Tua dapat hubungi nomor hotline ICANDO di 0819-1912-0819. (*)

#dirumahaja #hardiknas #jokowi #covid-19 #ICANDO #aplikasipendidikan #merdekabelajar #pendidikan #edukasi #game

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved