Peringatan Hari Aksara Internasional Tahun Ini Digelar Lewat Online

Peringatan Hari Aksara Internasional 2020 diselenggarakan secara webinar dan disiarkan selara langsung melalui sosial media Kemendikbud.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi
Sejumlah guru mengenakan pakaian adat mengibarkan Benderan Merah Putih pada peringatan Hari Guru Nasional di SMP Swasta Al-Manar Jalan Karya Bakti, Sabtu (25/11/2017). Peringatan Hari Guru Nasional sekaligus HUT ke-72 PGRI dan Hari Aksara Internasional ke-54 tersebut diselenggarakan dengan tema Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-55 secara daring pada 8 September mendatang.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri mengatakan tema peringatan HAI tahun ini "Pembelajaran Literasi di Masa Pandemi COVID-19, Momentum Perubahan Paradigma Pendidikan".

"Dengan tema ini, kami berharap program pendidikan keaksaraan dapat menjadi lebih adaptif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi," ujar Jumeri dalam konferensi pers daring, Jumat (4/9/2020).

Jumeri mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan untuk pengentasan buta aksara di tanah air. Menurut Jumeri, peringatan Hari Aksara Internasional sebagai penegasan komitmen seluruh pihak dalam mengentaskan buta aksara.

Baca: Kemendikbud Bangun SMK SIKK di Malaysia, Rampung Akhir 2021

"Dengan memperingati HAI, kita perkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan, baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten kota dalam pengentasan buta aksara," kata Jumeri.

Peringatan Hari Aksara Internasional 2020 diselenggarakan secara webinar dan disiarkan selara langsung melalui sosial media Kemendikbud, TV Edukasi, dan sosial media Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus. 

Baca: Komisi X DPR Minta Kemendikbud Waspadai Klaster Pendidikan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bakal menghadiri Hari Aksara Internasional tersebut. Pihak UNESCO, dan para pelaku pendidikan keaksaraan juga bakal mengikuti acara tersebut.

Serangkaian acara pendukung HAI juga telah disiapkan antara lain dimulai pada tanggal 24 Juli hingga 28 Agustus 2020, yakni Serambi Literasi dalam 10 sesi.

Lalu Pekan Perayaan Literasi yang terdiri dari rangkaian kegiatan seperti pameran foto dan video literasi, diskusi literasi virtual, worskhop pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat, webinar literasi, yang diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 7 September 2020.

Pada puncak peringatan HAI akan diberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam bidang keaksaraan dengan total penerima penghargaan mencapai 48 orang atau lembaga.

Seperti diketahui, UNESCO menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved