Breaking News:

Libatkan 5.600 Mahasiswa, Kemendikbud Gelar KKN Tematik Covid-19

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar KKN Tematik Covid-19 yang diikuti oleh 200 perguruan tinggi.

bobo.grid.id
Menteri Nadiem Makarim memberikan smabutan dalam pembukaan Bobo Creative Week 2020 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar KKN Tematik Covid-19 yang diikuti oleh 200 perguruan tinggi.

Kemendikbud berkolaborasi dengan BNPB, Kemendagri dan berbagai pemangku kepentingan untuk menjalankan program ini.

"Kolaborasi nasional KKN tematik covid-19 yang melibatkan lebih dari 5.600 mahasiswa dari lebih dari 200 perguruan tinggi," ujar Mendikbud Nadiem Makarim dalam Launching Buku KKN Tematik Covid-19 yang disiarkan channel Youtube BNPB, Rabu (28/10/2020).

Nadiem mengatakan program KKN ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa atas berbagai permasalahan pembangunan di desa maupun perkotaan. KKN telah menjadi tradisi perguruan tinggi sejak pertama dicanangkan tahun 1971.

Menurutnya, KKN dapat menguatkan empati, kesetiakawanan sosial, sekaligus kemampuan untuk memahami dan memberikan solusi atas berbagai permasalahan.

Khusus KKN tematik Covid-19, para mahasiswa bakal membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat mengenai protokol kesehatan.

Baca juga: Kemendikbud Beberkan Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

"Fokus utamanya adalah melakukan edukasi kepada masyarakat untuk melakukan adaptasi Kebiasaan Baru. Sekaligus aktualisasi kebijakan Merdeka Belajar," tutur Nadiem.

Pedoman mengenai pelaksanaan KKN Tematik Covid-19 dituangkan dalam sebuah buku.

Mantan CEO Gojek ini menilai praktik baik implementasi KKN tematik tertuang dalam buku yang diluncurkan pada hari Sumpah Pemuda ini.

"Saya berharap buku ini dapat menginspirasi banyak orang. Khususnya generasi muda untuk terus memberikan kontribusi kongkrit kepada masyarakat," pungkas Nadiem.
 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved