Breaking News:

Meski Tanpa Bantuan Gubernur, Peringatan Hari Bahasa Ibu di Jabar Secara Kolosal

Berbagai acara menyambut Hari Bahasa Ibu Internasional (HBII) digelar, 21 Februari 2021 secara kolosal. Ada ribuan peserta terlibat.

zoom-inlihat foto Meski Tanpa Bantuan Gubernur, Peringatan Hari Bahasa Ibu di Jabar Secara Kolosal
Ist
Poster Selebrasi Digitalisasi Aksara Sunda.

TRIBUNNEWS.COM - Berbagai acara menyambut Hari Bahasa Ibu Internasional (HBII) digelar, 21 Februari 2021 secara kolosal. Ada ribuan peserta terlibat.

Acara itu tetap digelar oleh sejumlah komunitas dan lembaga pegiat bahasa Sunda, bekerja sama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) serta Unesco, meski tidak mendapat dukungan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Perlombaan yang digelar, yakni membuat konten website bahasa Sunda, olimpiade bahasa Sunda untuk siswa tingkat SMP dan SMA.

Ada pula lomba film pendek yang diadaptasi dari cerpen berbahasa Sunda, lomba menulis cerpen bahasa Sunda antar guru bahasa Sunda.

Kemudian lomba video membaca sajak Ajip Rosidi, lomba menulis sisindiran, lomba teka-teki silang bahasa Sunda, parade tafsir sajak Sunda ke dalam media seni lukis, lomba nadoman bahasa Sunda, serta simposium mata pelajaran bahasa daerah.

Baca juga: Penudaan Pembahasan Revisi UU Pemilu oleh DPR Timbulkan Pertanyaan Publik

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama dari Yayasan Rancage, Lembaga Bahasa jeung Sastra Sunda (LBSS), Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Paguyuban Panglawungan Sastra Sunda (PP-SS), Persatuan Pendidik Bahasa Daerah Indonesia (PPDBI) wilayah Jawa Barat, MGMP Mata Pelajaran Bahasa Sunda tingkat SMP dan SMA Propinsi Jawa Barat, Caraka Sundanologi, penerbit buku Sunda CV Geger Sunten, Paseban, Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi), serta Universitas Padjadjaran. Semua kegiatan difasilitasi serta dikordinasi oleh forum kerja sama dan komunikasi singrancage.id.

Lomba cerpen 09984
Empat juri menilai karya cerita pendek (carpon) dalam rangka Hari Bahasa Ibu Internasional 2021 dan akan diumumkan serentak pada Minggu, (21/2)

Pada acara puncak, akan hadir Dr Ming-Kuok Lim, selaku Advisor for Communication and Information, Unesco untuk memberi sambutan.

Etti RS, penasehat acara HBII mengatakan, kegiatan tersebut menjadi bukti bahwa komunitas Sunda yang tersebar di Jawa Barat sangat antusias dan saling bersinergi dalam memajukan aksara, Bahasa dan budaya Sunda.

“Hal ini juga dibuktikan dengan keguyuban banyak pihak yang mendonasikan dana untuk acara ini. Sampai saat ini sudah terkumpul sebanyak kurang lebih 60 juta rupiah, tanpa bantuan Pemprov Jabar,” terang Etti ke Tribun, Jumat (19/2).

Hal yang sama ditegaskan oleh Wakil Ketua Dewan Pengurus PANDI, Heru Nugroho saat diwawancara Tribun. Menurutnya, pihak PANDI bersama panitia HBII 2021 sudah berusaha keras menemui Pempov sebanyak empat kali, tapi tak mendapat tanggapan.

Halaman
1234
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved