Breaking News:

Jalur Online Jadi Solusi Alternatif Ikuti Try Out UTBK SBMPTN di Masa Pandemi

Try out online sejak akhir Agustus 2020 lalu ini diikuti oleh lebih dari 30.000 peserta dan terdiri dari kelas X, XI, XII hingga gapyear

Tribun Medan/Abul Muamar
Para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mengikuti ujian di kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (9/6/2015). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jalur online kini menjadi pilihan paling rasional untuk mengikuti kegiatan try out Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini belum kunjung berakhir.

Seperti dilakukan platform try out online MasukKampus. Mereka sukses menggelar UTBK SBMPTN secara online yang mendapat sambutan antusias dari siswa/i SMA di Indonesia.

Try out online yang diselenggarakan sejak akhir Agustus 2020 lalu ini diikuti oleh lebih dari 30.000 peserta dan terdiri dari kelas X, XI, XII hingga gapyear.

Indra Sugiarto, CEO sekaligus founder MasukKampus, Rabu (24/2/2021) mengatakan, sistem yang digunakan dalam pelaksanaan try out online ini mengacu dengan sistem penilaian LTMPT antara lain, sistem penilaian IRT (Item Response Theory), yang terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kompetensi Akadeim).

Pelaksanaan try out ini juga menggunakan website dengan harapan mempermudah siswa/i dalam menghadapi UTBK SBMPTN 2021.

"Siswa/i juga dapat melihat seberapa ketat persaingan mereka dalam memilih program studi di kampus impiannya," ujarnya.

Baca juga: MasukKampus Padang Sukses Adakan Tryout di Auditorium Universitas Andalas

Salah satu peserta yang mendapatkan skor tertinggi, Deo Saputra mengatakan. try out online MasukKampus sangat bermanfaat di tengah pembelajar jarak jauh dari sekolah, terlebih lagi terdapat materi yang belum diajarkan di sekolah ada di MasukKampus.

“Try out ini bermanfaat sekali karena dimasa PJJ aku sangat minim menerima materi dari sekolah terlebih lagi aku siswa SMK," kata Deo.

"Aku bisa belajar banyak dari soal try out tersebut misalkan saja dari materi PK (Pengetahuan Kuantitatif) yang sebelumnya belum diajarin di sekolah tapi aku udah belajar dari soal try out tersebut,” kata dia.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved