Breaking News:

KBRI Nairobi - UNNES Teken Kerja Sama Beasiswa Mahasiswa Berprestasi

Pemberian beasiswa untuk mahasiswa berprestasi di wilayah kerja KBRI Nairobi merupakan salah satu poin kerja sama Unnes dengan KBRI Nairobi.

dok. Kedubes
Dubes RI di Nairobi M. Hery Saripudin menandatanganu Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama di bidang pendidikan dengan Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES), Fathur Rokhman, 4 Maret 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM - Duta Besar RI di Nairobi, M. Hery Saripudin melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama di bidang pendidikan dengan Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES), Fathur Rokhman pada 4 Maret 2021.

Dubes RI dalam keterangannya mengatakan kerja sama ini merupakan bagian dari upaya KBRI Nairobi meningkatkan diplomasi pendidikan serta memperkuat hubungan antara Indonesia dengan negara-negara di wilayah kerja KBRI Nairobi, yakni Kenya, Uganda, Somalia, dan RD Kongo.

Pemberian beasiswa untuk mahasiswa berprestasi di wilayah kerja KBRI Nairobi merupakan salah satu poin kerja sama dalam nota kesepahaman tersebut.

“Diplomasi pendidikan merupakan lokomotif yang sangat penting, karena akan membawa multiplier effect ke bidang-bidang lainnya, seperti politik, ekonomi, dan perlindungan WNI,” ujar Dubes Hery, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: KBRI Yangon Tetapkan Myanmar Status Siaga II, Kemlu Kembali Keluarkan Himbauan untuk WNI

Ia berharap dengan membawa mahasiswa asing ke Indonesia, diharapkan menambah banyak alumni yang memiliki kecintaan terhadap Indonesia dan bersedia untuk membantu kepentingan Indonesia di luar negeri.

Baca juga: KBRI Minta WNI Waspada Setelah Gempa Bumi 7,1 SR Guncang Selandia Baru

KBRI Nairobi dan UNNES juga sepakat untuk bekerja sama dalam implementasi tridharma perguruan tinggi dan pengambangan SDM.

KBRI Nairobi berupaya untuk memfasilitasi kerja sama antara UNNES dengan perguruan tinggi di wilayah kerja.

Jika terlaksana, kerja sama tersebut akan menjadi pionir kerja sama antara universitas di Indonesia dengan universitas di Afrika Timur.

Kerja sama dalam menyukseskan program merdeka belajar kampus merdeka, yang merupakan salah satu program unggulan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga merupakan salah satu poin kesepakatan.

KBRI Nairobi akan siap memfasilitasi pertukaran mahasiswa dan mendukung penelitian yang akan dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa UNNES terhadap wilayah kerja.

“Kesepahaman ini menjadi pelopor kerja sama antar universitas di Indonesia dan di Afrika Timur,” kata Dubes Hery.

Diplomasi pendidikan merupakan salah satu fokus utama KBRI Nairobi dalam rangka meningkatkan people-to-people antar Indonesia dengan negara-negara di wilayah kerja KBRI.

Saat ini tim Pensosbud KBRI Nairobi giat melakukan komunikasi dengan perguruan tinggi yang berada di Indonesia maupun di wilayah kerja.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved