Breaking News:

Kemendikbud: Pustakawan Bisa Terlibat Perancangan Pembelajaran dengan Guru

Perpustakaan ini memegang peran yang langsung dan penting untuk memfasilitasi guru-guru, memfasilitasi anak yang ingin melakukan pembelajaran

Tribunnews/Herudin
Suasana pengunjung menggunakan fasilitas di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2020). Perpustakaan Nasional yang telah dibuka kembali pada awal Oktober 2020 lalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta pembatasan pengunjung. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan perpustakaan harus memiliki peran besar dalam memfasilitasi pembelajaran.

Totok menilai perpustakaan dapat memberikan bahan bacaan untuk menopang pembelajaran.

"Perpustakaan ini memegang peran yang langsung dan penting untuk memfasilitasi guru-guru, memfasilitasi anak yang ingin melakukan pembelajaran," ujar Totok dalam Rakornas Bidang Perpustakaan 2021 secara daring, Senin (22/3/2021).

Menurut Totok dalam pedagogi pembelajaran yang sesuai kebijakan Merdeka Belajar, bahan ajar harus sangat luas.

Pustakawan, menurut Totok, dapat berperan lebih dalam merancang pembelajaran untuk siswa di sekolah.

"Alangkah baiknya untuk mendukung ini jika para pustakawan, information scientist, juga bisa terlibat dalam perencanaan, perancangan pembelajaran oleh guru," ucap Totok.

Dirinya menilai pustakawan tidak sekadar hanya dapat melakukan manajemen perpustakaan, tetapi juga melakukan, memberikan inspirasi, dan mendukung manajemen pembelajaran.

Baca juga: Perpusnas Ajak Perpustakaan di Indonesia Lakukan Inovasi Literasi di Tengah Pandemi

Para pustakawan, kata Totok, dapat memberikan masukan kepada guru mengenai buku yang akan dibaca.

"Baik dalam perencanaan. Misal soal buku apa yang dibaca nanti, tapi juga pelayanan ketika pembelajaran sedang terjadi. Ketika guru-guru menugaskan anak untuk melakukan pembacaan mengerjakan tugas-tugas bacaan," pungkas Totok.

Tingkat literasi, menurut Totok, dapat ditingkatkan dengan mengenalkan para siswa dengan bacaan. 
 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved