Breaking News:

Rayakan Hari Pendikan Nasional, TikTok Indonesia Luncurkan Buku Panduan Digitalisasi Pendidikan 

Panduan itu untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat video edukasi di TikTok, yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar.

Freepik
Ilustrasi APlikasi TikTok. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bertepatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei, TikTok meluncurkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar.

Panduan itu untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat video edukasi di TikTok, yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar.

Peluncuran buku ini merupakan rangkaian kolaborasi TikTok Indonesia dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) untuk memberdayakan para tenaga pengajar dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara yang kreatif.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbud, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Agama (Menag) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 mulai Juli 2021.

Kegiatan pembelajaran diwajibkan untuk menggabungkan metode pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan layanan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kerjasama antar guru di sekolah dengan orangtua atau wali yang menjadi pengajar di rumah pun menjadi semakin penting untuk menyukseskan kegiatan belajar bagi peserta didik.

Baca juga: Terus Bantu Pendidikan Keluarga Mitra Driver, Gojek Membuka Program Beasiswa Tahun Kedua

Dalam hal ini, Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum, Ikatan Guru Indonesia Periode 2016-2021 dan Ketua Umum Jaringan Sekolah Digital Indonesia menjelaskan alasan kuat diluncurkan buku panduan digitalisasi pendidikan ini.

"Kolaborasi antar pihak menjadi kunci kelancaran kegiatan belajar baik di rumah atau di sekolah. Guru dan orangtua atau wali yang menjadi garda terdepan dalam dunia pendidikan pun perlu selalu beradaptasi dan berinovasi share peserta didik tetap semangat menimba ilmu," kata Ramli dalam keterangannya, Rabu (5/5/2021).

"Buku panduan dari TikTok yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh tenaga pengajar dan orangtua yang menjadi pengajar di rumah, tentu akan memudahkan mereka dalam mengemas konten pendidikan yang lebih kreatif," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved