Breaking News:

13 Dosen dan Peneliti Profesional Jadi Penguji Hasil Penelitian Siswa SMAN 8 Jakarta

Sebanyak 13 orang terdiri atas dosen dan peneliti universitas di berbagai bidang menjadi  tim penguji atas sejumlah penelitian yang dilakukan para

Ist
para siswa ketika melakukan presentasi di hadapan penguji melalui zoom 

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta - Sebanyak 13 orang terdiri atas dosen dan peneliti universitas di berbagai bidang menjadi  tim penguji atas sejumlah penelitian yang dilakukan para siswa SMAN 8 Jakarta.

Penelitian mencakup beragam tema dan judul, baik bidang sosial maupun ilmu pengetahuan alam. Pengujian atas hasil penelitian siswa ini dilakukan secara virtual, akhir pekan ini.

Para penguji yang semuanya adalah alumni SMAN 8 Jakarta ini terkesan dengan hasil yang dipresentasikan, bahkan Dinas Kesehatan Kota Depok ingin menindaklanjuti salah satu hasil penelitian siswa ini karena dinilai sangat berguna bagi masyarakat  dalam stuasi pandemi Covid-19 saat ini.

Hasil penelitian yang akan digandeng Dinkes Depok adalah Kelompok 18 dengan judul penelitian  "Purwarupa Aplikasi Manajemen Kesehatan dan Asupan Nutrisi Tubuh". Adapun yang tertarik untuk mengajak kerja sama adalah salah satu panelis di atas yaitu ibu Vetty Yulianty Permanasari, SSi, MPH.

Dalam acara pengujian ini, Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti M.Pd, menyampaikan harapannya bahwa hasil penelitian siswa SMAN 8 Jakarta bisa masuk dalam journal ilmiah yang bisa di publish secara internasional. 

Dalam pidato penutupan Rita mengandaikan pengujian karya tulis ini seperti  wujud “Kampus Rajawali Emas”  (istilah untuk menyebut SMA yang terletak di kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan itu) dalam menggodok kemampuan penelitian Rajawali Emas 22 dengan di uji oleh 13 penguji dosen dan peneliti profesional dalam berbagai universitas dan bidang.

Baca juga: SBMPTN 2021 Diumumkan, 12.715 Kursi Kosong Tak Diminati Calon Mahasiswa

Mengenai karya penelitian siswa  itu, Koordinator Ortu Angkatan 2022, Dyah Farmasita mengatakan, SMAN 8 Jakarta bekerjasama dengan Forum Koordinasi Orang Tua atau Fondasi 22, Perwalian Orang Tua Angkatan 22 mengadakan lomba karya tulis untuk Rajawali Emas 22.

Lomba karya tulis ini sebagai pengganti  penelitian lapangan yang disebut TeSIS dan biasanya dilaksanakan di desa selama beberapa hari melibatkan seluruh siswa satu angkatan. Karena  Covid-19, Angkatan 2022 SMAN 8 Jakarta menggantinya dengan lomba karya tulis ini.

Ada 40 kelompok beranggotakan 360 siswa kelas XI angkatan 22 membuat karya tulis dengan berbagai macam judul penelitian. 

“Pembekalan penelitian oleh 40 pembantu guru dan alumni sejak Awal tahun 2021. Pengambilan data dan penulisan hasil penelitian dilakukan di tengah tengah situasi pandemi dengan mengikuti protokol kesehatan,” kata Dyah. 

Halaman
1234
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved