Breaking News:

Nadiem Ungkap Pertanyaan Jokowi Soal Prodi Kampus yang Belum Alami Perubahan

Arahan Jokowi untuk membuat prodi baru merupakan sebuah tantangan berat namun itu merupakan cara menghadirkan lulusan yang memiliki kompetens

screenshot
Nadiem Makarim 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan dirinya bertekad untuk menciptakan program studi (prodi) baru di perguruan tinggi.

Menurutnya, prodi di perguruan tinggi harus mengalami perkembangan melalui kolaborasi dengan industri dan perguruan tinggi lain.

"Kita pun ingin prodi-prodi kita, terminologinya pernikahan masal pak presiden, menikah dengan industri, menikah dengan kampus-kampus lain, untuk menciptakan permutasi-permutasi prodi yang masa depan," ujar Nadiem dalam dialog bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara yang disiarkan channel Youtube Kemendikbud RI, Selasa (15/6/2021).

Nadiem mengingatkan arahan Presiden Joko Widodo mengenai prodi baru.

Dirinya mengaku pernah ditanyai Jokowi soal prodi di perguruan tinggi yang belum mengalami perubahan.

Baca juga: Kemendikbud: Jangan Sampai Memilih Prodi Hanya Ingin Masuk Kampusnya Saja

Menurut Jokowi, prodi di perguruan tinggi masih sama, sementara dunia industri telah mengalami sejumlah perubahan.

"Sesuai arahan Pak Presiden, saya ingat dulu Pak Presiden bilang kok prodinya sama-sama lagi, padahal industrinya telah berubah ya," ungkap Nadiem.

Menurut Nadiem, arahan dari Jokowi merupakan sebuah tantangan berat namun itu merupakan cara menghadirkan lulusan yang memiliki kompetensi.

Kolaborasi dalam berkarya, menurut Nadiem, adalah kunci untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berkualitas.

Halaman
12
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved