Breaking News:

Antisipasi ANBK, Peserta Didik Diajak Tingkatkan Literasi Digital

Asesmen Nasional ini berwujud penilaian melalui tanya-jawab soal menggunakan komputer via online dan semi online

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
dok.
Webinar Digital Society “Serentak Bergerak: Mempersiapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) melalui Literasi Digital,” Kamis (9/9/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi hal yang tidak terelakkan, dan salah satu sektor yang terdampak adalah sektor pendidikan.

Karenanya, meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik merupakan hal yang sangat mendesak.

Literasi digital itu juga dibutuhkan peserta didik untuk persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Asesmen Nasional ini berwujud penilaian melalui tanya-jawab soal menggunakan komputer via online dan semi online.

Namun tidak sedikit kendala yang dihadapi dalam mempersiapkan ANBK, mulai dari keterbatasan infrastruktur yang dimiliki sekolah hingga perubahan konsep pembelajaran.

Baca juga: Institusi Pendidikan harus Memiliki Komitmen Lahirkan Generasi Muda yang Berkompeten dan Mendunia

Peneliti Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristekdikti, Dr. Rahmawati, ST, M.Ed mengatakan, ANBK merupakan mekanisme evaluasi sistem pendidikan untuk mendorong dan memfasilitasi perbaikan kualitas pembelajaran.

"ANBK memberi umpan balik tentang hasil belajar yang paling mendasar dan perlu diprioritaskan, serta informasi tentang cara bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran," ujarnya saat menjadi pembicara Webinar Digital Society “Serentak Bergerak: Mempersiapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) melalui Literasi Digital,” Kamis (9/9/2021).

Dia menambahkan, hasil ANBK sangat komprehensif, tidak hanya memotret bagaimana cara belajar muridnya tetapi juga bisa menampilkan ciri-ciri sekolah yang efektif.

Statistisi Ahli Madya Koordinator Data dan Statistik Pendidikan, L. Manik Mustikohendro menegaskan, ada beberapa poin penting dalam mempersiapkan ANBK.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved