Breaking News:

Pembelajaran Tatap Muka

KPAI: 79,54 Persen Sekolah Siap Jalani Pembelajaran Tatap Muka

Di Indonesia masih 79,54 persen sekolah yang siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi.

Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
Siswa mengikuti pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 10 Batam, Kamis (23/9). Proses pembelajaran tatap muka tingkat SMP di Kota Batam ini menerapkan protokol kesehatan serta diikuti siswa yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19. (Tribun Batam/Argianto DA Nugroho) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 memang belum usai di Indonesia, namun tiap harinya angka positif Covid-19 mengalami penurunan. Beberapa kota dan kabupaten sudah memasuki zona kuning dan hijau. 

Hal tersebut terlihat dari penurunan level PPKM di beberapa kota dan kabupaten. Dari yang tadinya level 4, kini sudah memasuki level 3, 2 bahkan 1.

Seperti di DKI Jakarta, meski PPKM kembali diperpanjang, setiap harinya DKI Jakarta mengalami penurunan angka Covid-19, dan saat ini berada di PPKM Level 3.

Dengan adanya tren positif ini, pemerintah bahkan melakukan ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di beberapa sekolah yang ada di kabupaten ataupun kota.

Komisioner KPAI Retno Listiyarti mengatakan,  di Indonesia masih 79,54 persen sekolah yang siap menggelar PTM di masa pandemi.

Baca juga: Segera Evaluasi Pelaksanaan PTM untuk Cegah Bertambahnya Klaster Baru

Supaya rampung seluruh sekolah bisa menggelar PTM, tentu proses vaksinasi harus segera digencarkan khususnya untuk para guru.

Baca juga: Muncul Kasus Baru Covid-19 di Purbalingga, Ketua DPD RI Minta PTM Dipersiapkan Lebih Matang

"Kita sudah melakukan pengawasan sejak 2020. Tentu PTM perlu dilakukan ketika sudah vaksin, di mana guru kemudian menjadi target vaksinasi," kata Retno saat berbingan dengan Tribunnews, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Komisioner KPAI Imbau Masyarakat Tidak Tonton Saipul Jamil Ketika Tayang di TV atau YouTube

Dikatakannya, KPAI sudah melakukan pengawasan sejak 2020 untuk terlaksananya PTM di beberapa sekolah. Sejak 2020, telah terjadi peningkatan yang kemudian semakin siap secara infrastruktur untuk bergulirnya PTM. 

"Hasilnya memang teejadi peningkatan, karena di 2020 kami menggelar rapat koordinasi nasioanal ketika kami kasih tau bahwa banyak sekali sekolah sekolah yang belum siap saat itu," jelas Retno.

Hasil pengawasan PTM di Masa Covid-19, awal tahun KPAI melakukan pengawasan PTM terbatas di 42 sekolah dan Madrasah dan 7 Provinsi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten.

Sedangkan 2 Provinsi, yaitu Kepri dan Kalimantan Barat dilakukan oleh KPAD 12 Kabupaten/Kota: Kota Batam, Pangandaran, Pandeglang, Serang Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Kota Cimahi, kota Bandung, kab. Wonosobo, dan Kab. Mojokerto, dan Kab. Ketapang 

Hasilnya, 79,54% sekolah yang diawasi siap menggelar PTM di masa pandemi Covid-19.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved