Breaking News:

KPAI: Hasil Pantauan Pembelajaran Tatap Muka, Masih Banyak Sekolah yang Tidak Patuh Prokes

Hingga bergulir uji coba PTM tahun ini, KPAI tetap melakukan pengawasan di beberapa sekolah.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Siswa SMP Negeri 1 Kota Tangerang sedang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Senin (13/9/2021). Proses pembelajaran berlangsung lancar dan diawali dengan pemberian motivasi belajar dilanjutkan dengan materi pelajaran yang disertai dengan prokes yang ketat. PTM di Kota Tangetang, diikuti 40 sekolah SMP negeri maupun swasta dari total 200 SMP yang ada. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebelum diberlakukan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) telah melakukan pengawasan penyiapan PTM sejak 2020.

Bahkan hingga bergulir uji coba PTM tahun ini, KPAI tetap melakukan pengawasan di beberapa sekolah.

Selama pengawasan, KPAI menilai masih banyak sekolah yang tidak mematuhi protokol kesehatan, meskipun secara infrastruktur sudah baik.

"Kami terkejut ketika saat uji coba diberbagai sekolah yang kami datangi itu terjadi ketidakpatuhan 3M," kata Komisioner KPAI, Retno Listiyarti saat berbincang dengan Tribunnews, Kamis (23/9/2021).

"Jadi ini salah perilaku kan, jadi ini infrastrukturnya ada tapi perilakunya nggak berubah ini akan rentan sekali penularan," tambahnya.

Baca juga: KPAI: Pemerintah Wajib Lakukan Pemerataan Vaksinasi jika PTM Digelar

Retno mengatakan, selama KPAI memantau jalannya uji coba PTM, terdapat di beberapa sekolah dari bebagai daerah masih menyepelekan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Menuci Tangan).

Baca juga: Segera Evaluasi Pelaksanaan PTM untuk Cegah Bertambahnya Klaster Baru

"Salah satu contoh SD di Jawa Tengah, ketika kami datangi, itu kami kaget, itu kok maskernya semua anak digabung, begitu kita nengok kedepan, guru lagi nerangin dengan masker didagu," ujar Retno.

Baca juga: Respons Dinas Kesehatan DKI Soal Temuan 25 Klaster Covid-19 Selama PTM

Tak hanya di Jawa Tengah, daerah lainnya seperti Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB) juga terdapat sekolah yang belum siap secara perilaku untuk melakukan PTM.

"Ada juga yang tidak memakai masker itu di daerah Jawa Barat sama NTB pas kita tanya itu maskernya dikantong, baik guru ataupun anaknya," tutur Retno.

"Jadi mereka hanya pakai saat mau berangkat dan pulang saja, mereka nggak mikir kerumunan, padahal kerumunan tanpa mengenakan masker bisa menyebabkan klaster," jelasnya kembali.

Mengenai uji coba PTM ini, KPAI menyayangkan, masih banyak sekolah yang tidak patuh terhadap 3M meskipun secara infrastruktur sudah baik.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved