83 Aplikasi Multiplatform Karya Mahasiswa dan Dosen Unjuk Gigi di PHKM ke-15 UMB

Sebanyak 83 aplikasi multiplatform hasil karya dan kolaborasi dosen dan mahasiswa tampil unjuk gigi di Pameran Hasil Karya Mahasiswa (PHKM) 2022

dok. UMB
Sebanyak 83 aplikasi multiplatform hasil karya dan kolaborasi dosen dan mahasiswa tampil unjuk gigi di Pameran Hasil Karya Mahasiswa (PHKM) 2022 di kampus Universitas Mercubuana (UMB), Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 83 aplikasi multiplatform hasil karya dan kolaborasi dosen dan para mahasiswa tampil unjuk gigi di Pameran Hasil Karya Mahasiswa (PHKM) 2022 di kampus Universitas Mercubuana (UMB), Jakarta.

Puluhan aplikasi multiplatform tersebut merupakan arya mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Proyek Pengembangan Sistem Informasi (PPSI) dari prodi Sistem Informasi dan perkuliahan SmartWeb dari prodi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer UMB.

PHKM ke-15 yang digelar pertengahan Juni ini mengambil tema “Aplication for Stronger Recovery Endemic Covid-19” dan dibuka pejabat Rektor UMB, Dr Harwi Karya serta Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Yaya Surdarya Triana M. Kom Ph.D.

Yaya menerangkan, Kelompok mahasiswa selain membawakan hasil karya mereka juga membawakan poster yang menyertai aplikasi tersebut dan mensosialisasikan melalui media sosial.

PHKM 2022 dilaksanakan secara daring, mulai dari penjurian awal hingga penjurian akhir yang melibatkan para praktisi luar kampus Universitas Mercubuana.

"PHKM 2022 ini diikuti oleh 57 kelompok dari mahasiswa Teknik Informatika dan 32 kelompok dari mahasiswa Sistem Informasi. Terdapat 3 pemenang untuk kategori Aplikasi Terbaik dari Prodi Teknik Informatika dan 3 pemenang dari Prodi Sistem Sistem Informasi," kata Yaya Surdarya secara tertulis, dikutip, Jumat (24/6/2022).

Selain itu ada 3 pemenang untuk kategori Poster terbaik dari masing-masing Prodi. Serta pemenang favorit untuk Aplikasi dan Poster yang dinilai dari banyaknya like dari media sosial masing-masing.

Baca juga: Pengalaman Merintis Start Up Olahraga Dibagi Dzaka Sahid Kepada Mahasiswa Mercu Buana

PHKM 2022 diketuai Bayu Waseso S.Kom, M. Kom, didukung Kaprodi Sistem Informatika, Ratna Mutu Manikam S.Kom, MT, dan Kaprodi Teknik Informatika Emil Kahuruan Ph.D serta dukungan para dosen pengampu PPSI dan Smartweb.

"Pameran diharapkan memberikan suatu pengalaman pembelajaran bagaimana mengembangkan suatu aplikasi dalam suatu rangkaian manajemen proyek mulai dari mendesain hingga mempromosikan berupa video ke youtube dan Instagram agar memberikan informasi terkait dengan produk yang mereka hasilkan," kata dia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved