Kunci Jawaban

Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 5 Tugas Mandiri 1.1: Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

Inilah kunci jawaban PKN Kelas 12 halaman 5 Tugas Mandiri 1.1: Pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para pakar/ahli.

Buku PKN Kelas 12
Soal dan kunci jawaban PKN Kelas 12 halaman 5 Tugas Mandiri 1.1 tentang pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para pakar/ahli. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut inilah kunci jawaban PKN Kelas 12 halaman 5.

Buku PKN kelas 12 halaman 5 Tugas Mandiri 1.1 tentang pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para pakar/ahli.

Sebelum melihat kunci jawaban, ada baiknya siswa mencoba menjawab sendiri terlebih dahulu dengan bantuan orang tua.

Jika sudah, orangtua bisa mencocokkan jawaban yang ditulis anak dengan jawaban di bawah ini.

Selengkapnya, inilah kunci jawaban soal PKN Kelas 12 SMA/SMK pada halaman 5:

Baca juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 190 191 192 193 Latihan Soal: Hitung Modus, Median dan Mean

Soal dan kunci jawaban PKN Kelas 12 halaman 5 Tugas Mandiri 1.1 tentang pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para pakar/ahli.
Soal dan kunci jawaban PKN Kelas 12 halaman 5 Tugas Mandiri 1.1 tentang pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para pakar/ahli. (Buku PKN Kelas 12)

Tugas Mandiri 1.1

1. Bacalah buku atau sumber lain yang ada kaitannya dengan materi pembelajaran pada bab ini. Kemudian coba identifi kasi tiga pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para pakar/ahli. Tuliskan hasil identifi kasi Anda dalam tabel di bawah ini.

Jawaban:

Nama Ahli: Koerniatmanto
Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara: Hak dan kewajiban yang berkaitan dengan warga negara, menekankan pada aspek anggota suatu negara. Warga Negara adalah anggota suatu negara, dan sebagai anggota suatu negara, seorang warga negara mempunyai kedudukan khusus terhadap negaranya. Ia mempunyai hubungan hak dan kewajiban yang bersifat timbal balik terhadap negara.

Nama Ahli: Srijanti
Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara: Hak merupakan unsur normative yang berfungsi sebagai pedoman berperilaku, melindungi kebebasan, kekebalan, serta menjamin adanya peluang bagi manusia dalam menjaga harkat dan martabatnya. Sementara itu, kewajiban berasal dari kata wajib. Wajib adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Nama Ahli: Prof. dr. Notonegoro
Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara: Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya. Kewajiban adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 7 Halaman 85 Observing & Asking Questions: Things In The Garage

2. Berdasarkan pendapat-pendapat para pakar yang Anda temukan, coba Anda analisis persamaan dan perbedaannya.

Jawaban:

Persamaan dari pendapat para ahli tentang hak dan kewajiban adalah kedua hal tersebut harus dilaksanakan secara seimbang dan saling berkaitan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved