Voluntary Days 2019, Salurkan Hasrat Pekerja Pertamina Jadi Relawan dan Kerja Sosial

Kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi pekerja Pertamina yang menjadi relawan serta menggalakkan semangat pekerja Pertamina lainnya untuk turun ke

Voluntary Days 2019, Salurkan Hasrat Pekerja Pertamina Jadi Relawan dan Kerja Sosial
Pertamina
Pembukaan Voluntary Days 2019 dilakukan di Gedung Utama Kantor Pusat PT Pertamina, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) resmi membuka kegiatan Voluntary Days 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi pekerja Pertamina yang menjadi relawan serta menggalakkan semangat pekerja Pertamina lainnya untuk turun ke lapangan menjadi relawan.

Pembukaan Voluntary Days 2019 dilakukan di Gedung Utama Kantor Pusat PT Pertamina, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019). Pembukaan kegiatan volunteering ini dilakukan oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Koeshartanto.

“Alhamdulillah, Voluntary Days terlaksana untuk pertama kalinya. Terima kasih pada relawan yang sudah menularkan kebaikan. Baik relawan bencana, mengajar, dan membina UMKM,” kata Koeshartanto.

Ada ribuan pekerja Pertamina yang telah menjadi relawan untuk berbagai kegiatan. Koeshartanto mengimbau agar pekerja Pertamina lainnya bisa terus melakukan kebaikan, termasuk dengan menjadi relawan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Kita harus memaknai apapun yang kita lakukan dalam rangka menebarkan kebaikan. Berbuatlah baik untuk orang tua, rekan-rekan dan masyarakat,” katanya.

Corporate Secretary Pertamina Tajudin Noor menjelaskan, Voluntary Days 2019 diadakan untuk menindaklanjuti hasil survei internal yang pernah dilakukan, di mana salah satu hasilnya adalah para pekerja Pertamina ingin terlibat dalam kegiatan sosial.

“Untuk menindaklajuti Aspirasi tersebut, Corporate Secretary bekerjasama dengan Direktorat SDM menyelenggarakan kegiatan Voluntary Days 2019. Voluntary Days sendiri merupakan ajang penghargaan kepada relawan-relawan Pertamina yang sudah sangat aktif memberikan sumbangsihnya kepada perusahaan dan masyarakat melalui bidang yang diikuti masing-masing,” jelas Tajudin.

Ada 4 kegiatan utama dari Voluntary Days 2019, yakni Relawan Menginspirasi, Relawan Berkreasi, Relawan Berbagi dan Relawan Beraksi. Untuk Relawan Menginspirasi diisi dengan kegiatan talkshow dengan mengundang 11 narasumber yang terdiri dari 8 public figure, 1 pegiat dunia Pendidikan dan 2 orang local hero Pertamina.

“Untuk public figure ada Hamish Daud, Denada, Dian Sastrowardoyo, Riyani Djangkaru, Angkie Yudistia, Widi dan Dwi Sasono. Pegiat sosial ada Rispa Satrya dari Book for Papua yang aktif untuk Pendidikan di Papua. Dan 2 orang narasumber Local Hero Pertamina yakni Yanuardi Betra dan Ary Arka dari Mitra Binaan Pertamina. Selain talkshow, juga diadakan worksop Mitra Binaan CSR SMEPP Pertamina,” jelas Tajudin.

Tajudin menambahkan, para narasumber tersebut tidak mendapatkan honor berupa uang tunai langsung ke mereka dari Pertamina. Honor atas nama mereka tersebut akan diberikan langsung baik ke yayasan atau organisasi yang narasumber tersebut pilih untuk kegiatan sosial.

“Jadi nanti Hamish Daud, Dian Sastro dan teman-teman narasumber lainnya memilih sendiri lembaga atau organisasi untuk menerima honor mereka. Jadi intinya honor mereka itu kemudian didonasikan untuk kegiatan sosial, untuk kebaikan masyarakat juga,” kata Tajudin.

Kegiatan ini Voluntary Days 2019 ini sendiri diikuti oleh 3.257 insan di lingkup Pertamina yang terdiri dari 1.155 relawan Pertamina Energi Negeri (PEN), 394 relawan bencana, 46 relawan ambassador, 147 orang relawan local hero dan 1.515 relawan Sobat Bumi. Insan Pertamina yang dimaksud yakni gabungan dari pekerja dan pihak yang dilibatkan oleh Pertamina, seperti mahasiswa Universitas Pertamina, mitra binaan Pertamina dan local hero yang dibina oleh Pertamina.

“Seluruh relawan ini melakukan kegiatan social yang tersebar di berbagai titik seluruh Indonesia. Voluntary Days juga mengumpulkan donasi dari para pekerja Pertamina yang nantinya akan disalurkan ke beberapa yayasan, yaitu Siekula Aneuk Nanggroe di Rantau, Yayasan Dreamable di Bandung dan Sekolah Anak Percaya Diri di Makassar,” jata Tajudin.

“Untuk Pertamina Energi Negeri 4.0, terdiri dari 1.155 relawan pekerja Pertamina yang tersebar di 18 kota. Mereka mengajar di 39 SD dan 11 sekolah untuk anak berkebutuhan khusus,” imbuh Tajudin.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved