Piala Dunia 2010

Suporter Belanda Tetap Pesta Bir di Edenvale

Meski Belanda gagal mengukir sejarah sebagai juara dunia setelah ditundukkan Spanyol lewat gol semata wayang Andres Iniesta

Suporter Belanda Tetap Pesta Bir di Edenvale
IST
Suporter Belanda berkumpul di pusat kota Amterdam, Belanda, pada final Piala Dunia 2010 yang mempertemukan Belanda v Spanyol
Laporan Wartawan Tribunnews.com Nurfahmi Budiarto

TRIBUNNEWS.COM, JOHANNESBURG - Tak selamanya kekalahan di final identik dengan airmata. Meski Belanda gagal mengukir sejarah sebagai juara dunia setelah ditundukkan Spanyol lewat gol semata wayang Andres Iniesta, namun sejumlah suporter negeri kincir angin tersebut tetap melakukan pesta.

Di Edenvale, sebuah kawasan dekat bandara OR Tambo Johannesburg, sebagian pendukung Belanda malah meneruskan pesta besar mereka

Di daerah itu terdapat sebuah resto dan bar dengan nama Edenvale. Nama ini sangat terkenal, karena menjadi tempat berkumpul para suporter Belanda, terutama menjadi pusat logistik jajaran Oranje Camping, yang telah menjelajah seluruh kota di kawasan Afrika Selatan (Afsel).

Aroma pesta besar langsung terasa begitu berada di depan pintu gerbang resto dengan luas area sekitar 1000 meter persegi tersebut. Ratusan bir pun langsung menyambut para suporter. Kesedihan tidak terasa, berganti dengan kesenangan luar biasa, seolah kemenangan baru saja direnggut Belanda.

"Di sini kami berkumpul, apapun hasil di partai final, kami tentu sedih. Tapi itulah pertandingan, dan kali ini kami kalah. Namun tempat ini begitu spesial, sehingga tak mungkin kami lupakan seumur hidup. Tempat ini sudah memberi kami kehidupan selama berminggu-minggu, jadi tak ada salahnya menyesali sebuah kekalahan," tukas Jan Michael Goughen, seorang pentolan suporter Belanda, kepada Tribunnews.com.

Lalu apa rencana rombongan besar suporter Belanda berikutnya?. "Kami akan tinggal mungkin sekitar seminggu lagi, sekedar beristirahat dan menikmati suasana Afsel. Setelah itu, kami baru terbang kembali ke rumah," imbuhnya. 

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved