Piala Dunia 2018

Kieran Trippier Dapat Julukan David Beckham 'Anyar' Usai Tendangan Bebasnya Tembus Gawang Kroasia

Kieran Trippier Dapat Julukan David Beckham 'Anyar' Usai Tendangan Bebasnya Tembus Gawang Kroasia
zimbio.com
Kieran Trippier 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Julukan sebagai "David Beckham baru" rasanya semakin pas disandingkan pada diri Kieran Trippier.

Gol menawannya dari tendangan bebas ke gawang Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, membuat julukan "Beckham dari Bury" semakin mengena. Bury adalah kota kelahiran Tripper di Inggris pada 19 September 1990.

Gol Trippier terjadi pada menit ke-5. Bermula dari pelanggaran Luka Modric kepada Dele Alli di luar kotak penalti. Trippier, dan Alli berdiri berdua di depan bola. Di depannya berdiri barisan pagar hidup Kroasia, yang berisi para pemain dengan postur tinggi.

Tanpa diduga, ternyata Trippier yang justru menjadi eksekutor. Dengan kaki kanannya ia menyepak bola. Bola sepakan pemain Tottenham Hotspur itu melengkung melewati pagar hidup pemain Kroasia dan bersarang di kiri atas gawang Danijel Subasic. Gol!

Reaksi pun bermunculan di media sosial menyambut gol spektakuler tersebut. "Ya Tuhan, selama ini saya pikir hanya Harry Kane yang biasa jadi eksekutor bola mati di Inggris. Bagaimana saya bisa sebodoh ini? Trippier pantas jadi eksekutor utama," tulis pemilik akun @Bhandarkarnitin.

Banyak warganet yang kemudian menyebut Trippier memang adalah seorang "Beckham baru". Gol fantastis dari Trippier itu sendiri menjadi penghibur setelah Inggris dipukul balik oleh Kroasia 1-2 lewat gol Ivan Perisic, dan Mario Mandzukic.

Trippier pun menjadi pemain kedua di Inggris bersama Beckham, yang mencetak gol lewat tendangan bebas sejak Piala Dunia 1966 saat mereka jadi juara.

Beckham, gelandang yang memang terkenal memiliki spesialisasi menjadi eksekutor tendangan bebas langsung itu melakukannya di Piala Dunia 2006 dan 1998.

Seperti juga Becks, di Piala Dunia 2018 ini Trippier juga main di sektor kanan. Tidak sebagai full back sebagaimana posisi naturalnya, juga bukan jadi gelandang, melainkan bek sayap dalam formasi 3-5-2 yang diterapkan oleh Manajer Inggris Gareth Southgate.

Posisi itu memberi Trippier keleluasan lebih besar dalam memberi tekanan ke depan. Salah satunya adalah lewat kiriman bola-bola lambung atau umpan silang. Dari sinilah mulanya pesepakbola 27 tahun asal klub Tottenham Hotspur itu disama-samakan dengan Beckham.

Penulis: Deny Budiman
Editor: Toni Bramantoro
Halaman
12
Berita Terkait

Piala Dunia 2018

Ikuti kami di
KOMENTAR

Berita Terkini

Klasemen Piala Asia

Rank Negara
Total
1China1329265289
2Japan755674205
3Korea Selatan495870177
4Indonesia31244398
5Uzbekistan21242671
Lihat Selengkapnya

Berita Populer