Piala Dunia 2022

Durasi Injury Time Lama yang Bikin Untung & Buntung Peserta Piala Dunia 2022 Qatar

Salah satu sorotan menarik yang menghiasi penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar soal lamanya durasi injury time atau waktu tambahan.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Drajat Sugiri
Paul ELLIS / AFP
Sebuah papan menampilkan waktu tambahan selama pertandingan sepak bola Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Inggris dan Iran di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 21 November 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu sorotan menarik yang menghiasi penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar soal lamanya durasi injury time atau waktu tambahan.

Durasi injury time di Piala Dunia 2022 memang terasa lebih lama dibandingkan dengan kompetisi-kompetisi sepak bola sebelumnya.

Untung dan buntung barangkali menjadi dua sisi dari penerapan aturan baru soal durasi injury time di Piala Dunia edisi kali ini.

Sebagai contoh, hal itu bisa dilihat ketika Inggris membantai Iran pada laga perdana Grup B Piala Dunia 2022, pekan lalu.

Baca juga: Alasan Injury Time Laga Piala Dunia 2022 Qatar Sangat Lama

Sebuah papan menampilkan waktu tambahan selama pertandingan sepak bola Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Inggris dan Iran di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 21 November 2022.
Sebuah papan menampilkan waktu tambahan selama pertandingan sepak bola Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Inggris dan Iran di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 21 November 2022. (Paul ELLIS / AFP)

Wasit secara tak terduga memberikan masa tambahan waktu selama 14 menit (babak pertama) serta 10 menit (babak kedua).

Tambahan waktu yang lama juga menghiasi beberapa laga lainnya seperti duel Wales vs Iran yang baru berakhir pada menit ke-112.

Jika mengacu pada aturan terbaru, tambahan waktu dalam setiap pertandingan berbeda tergantung dari jalannya laga tersebut.

Pierluigi Collina yang menjadi aktor utama di balik aturan tersebut pun menerapkan aturan menarik dalam hal injury time di Piala Dunia 2022.

Dalam penjelasannya, jika ada bola berhenti baik karena ada insiden tertentu maka jam kiri yang berada di tangan wasit akan dihentikan.

Selisih waktu antara jam kiri dengan jam kanan tersebut yang nantinya dijadikan sebagai durasi tambahan waktu baik pada babak pertama maupun kedua.

Alhasil semakin lama laga terhenti karena sesuatu hal entah itu perawatan medis, wasting time atau lainnya, maka durasi tambahan waktu makin lama, maupun sebaliknya.

Lamanya durasi tambahan waktu itu tampaknya bisa menjadi keuntungan ataupun kerugian bagi tiap peserta di Piala Dunia 2022.

Sebagaimana misal keuntungan yang dirasakan Iran ketika mencetak dua telat dramatis membungkam Wales pada matchday kedua Grup B Piala Dunia 2022.

Para pemain Timnas Iran merayakan kemenangan mereka dalam laga sepak bola Grup B Piala Dunia 2022 Qatar antara Wales melawan Iran di Stadion Ahmad Bin Ali, di Al-Rayyan, sebelah barat Doha, Qatar, Jumat (25/11/2022) waktu setempat. AFP/ADRIAN DENNIS
Para pemain Timnas Iran merayakan kemenangan mereka dalam laga sepak bola Grup B Piala Dunia 2022 Qatar antara Wales melawan Iran di Stadion Ahmad Bin Ali, di Al-Rayyan, sebelah barat Doha, Qatar, Jumat (25/11/2022) waktu setempat. AFP/ADRIAN DENNIS (AFP/ADRIAN DENNIS)

Dikala Iran berjuang meraih kemenangan, wasit memberikan tambahan waktu cukup lama pada laga tersebut.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved