Piala Dunia 2022

Akhir Drama Grup Neraka Piala Dunia 2022: Jepang Kudeta Spanyol, Kosta Rika Hampir Lolos

Drama mengejutkan tersaji pada laga penentuan grup E alias grup neraka Piala Dunia 2022, dimana Jepang kudeta Spanyol, Kosta Rika hampir lolos.

AFP/JAVIER SORIANO
Rekan satu tim Jepang merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Jepang dan Spanyol di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 1 Desember 2022. (JAVIER SORIANO / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Drama mengejutkan akhirnya tersaji pada laga matchday penentuan grup E alias grup neraka Piala Dunia 2022.

Jepang yang menjadi wakil Asia sukses memberikan kejutan lagi dengan mengalahkan tim kuat seperti Spanyol, Jumat (2/11/2022) dinihari tadi.

Setelah memberi kejutan dengan mengalahkan Jerman pada laga perdana, Jepang kembali mengejutkan dunia setelah mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1.

Kemenangan tersebut mengantarkan Jepang sukses mengkudeta posisi Spanyol yang sebelumnya menempati pemuncak klasemen Grup E.

Baca juga: Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2022: Jepang Ditantang Kroasia, Maroko Jumpa Spanyol

Rekan satu tim Jepang merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Jepang dan Spanyol di Stadion Internasional Khalifa di Doha. Kamis (1 Desember 2022). (JAVIER SORIANO / AFP)
Rekan satu tim Jepang merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Jepang dan Spanyol di Stadion Internasional Khalifa di Doha. Kamis (1 Desember 2022). (JAVIER SORIANO / AFP) (AFP/JAVIER SORIANO)

Dengan perolehan enam poin, Jepang berhak lolos dengan status juara grup, unggul dua angka dari Spanyol.

Pada babak selanjutnya, Jepang akan bertemu melawan Kroasia yang berstatus sebagai runner-up Grup F.

Lalu, keajaiban hampir saja diukir Kosta Rika saat menjalani laga hidup mati melawan Jerman pada waktu yang bersamaan.

Sampai menit ke-70, Kosta Rika hampir saja mengejutkan seluruh dunia lantaran satu kakinya telah berada di babak 16 besar.

Hanya saja memang sikap pantang menyerah yang ditunjukkan Jerman akhirnya membuat Kosta Rika malah takluk pada akhir pertandingan.

Wasit Prancis Stephanie Frappart (tengah) berbicara dengan bek Kosta Rika Kendall Waston (kiri) dan bek Jerman Antonio Ruediger selama pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Kosta Rika dan Jerman di Stadion Al-Bayt di Al Khor , utara Doha. Kamis (1 Desember 2022). (Raul ARBOLEDA/AFP)
Wasit Prancis Stephanie Frappart (tengah) berbicara dengan bek Kosta Rika Kendall Waston (kiri) dan bek Jerman Antonio Ruediger selama pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Kosta Rika dan Jerman di Stadion Al-Bayt di Al Khor , utara Doha. Kamis (1 Desember 2022). (Raul ARBOLEDA/AFP) (AFP/RAUL ARBOLEDA)

Kosta Rika harus mengakui keunggulan Jerman dengan skor 2-4 pada matchday penentuan.

Kekalahan itu akhirnya membuat kans Kosta Rika untuk bisa lolos dari lubang jarum Piala Dunia 2022 gagal tercapai.

Begitu pula dengan Jerman, kemenangan dramatis melawan Kosta Rika seakan tak berpengaruh lantaran mereka juga harus tersingkir di Piala Dunia 2022.

Meskipun memiliki jumlah poin yang sama dengan Spanyol selaku runner-up, Jerman tetap tersingkir lantaran kalah selisih gol dengan Der Panzer.

Akhir drama menyakitkan pun harus dirasakan Jerman yang mengulangi momen 2018 dimana mereka harus terhenti di babak penyisihan grup lagi.

Sementara, Jepang dan Spanyol memiliki drama akhir yang menyenangkan lantaran keduanya berhak lolos ke fase 16 besar mewakili grup neraka.

Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022:

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)
 
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved