Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022: Eks MU Bahas Kekalahan Jepang atas Kroasia, Puji Pencapaian Samurai Biru

Rio Ferdinan memuji pencapaian Jepang yang baru saja menyerah dari Kroasia lewat babak adu penalti pada 16 besar Piala Dunia 2022.

Penulis: Rochmat Purnomo
Editor: Dwi Setiawan
AFP/INA FASSBENDER
Para pemain Timnas Jepang berdiri bersama saat adu penalti dalam laga sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Jepang melawan Kroasia di Stadion Al-Janoub, di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022) waktu setempat. AFP/INA FASSBENDER 

TRIBUNNEWS.COM - Eks bek Manchester United, Rio Ferdinand memuji pencapaian Jepang yang baru saja menyerah dari Kroasia lewat babak adu penalti pada 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Senin (5/12/2022) malam WIB.

Menurut Rio Ferdinan, skuad Jepang yang berjuluk Samurai Biru ini telah membuat bangga negaranya setelah berjuang sampai babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Perjuangan Jepang pada Piala Dunia 2022 diawali dengan tergabung Grup E bersama Spanyol, Jerman hingga Kosta Rika.

Ekspresi gelandang Timnas Jepang, #10 Takumi Minamino usai gagal mengeksekusi penalti dalam laga sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Jepang melawan Kroasia di Stadion Al-Janoub, di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022) waktu setempat. AFP/JEWEL SAMAD
Ekspresi gelandang Timnas Jepang, #10 Takumi Minamino usai gagal mengeksekusi penalti dalam laga sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Jepang melawan Kroasia di Stadion Al-Janoub, di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022) waktu setempat. AFP/JEWEL SAMAD (AFP/JEWEL SAMAD)

Baca juga: Hasil Jepang vs Kroasia Piala Dunia 2022, Samurai Biru Kalah Adu Penalti, Vatreni ke Perempat Final

Samurai Biru berhasil mengakhiri fase Grup E Piala Dunia 2022 dengan menduduki posisi puncak klasemen.

Pasukan Hajime Moriyasu mencatatkan 2 kemenangan dari Spanyol dan Jerman dengan skor identik 2-1 meskipun sempat tertinggal gol lebih dahulu.

Adapun satu laga lainnya Samurai Biru menyerah 0-1 dari Kosta Rika yang menjadi juru kunci.

Berdasarkan tantangan yang telah dilewati tersebut, Samurai Biru diminta tidak berlarut dalam kesedihan akibat terhenti langkahnya pada 16 besar Piala Dunia 2022.

"Tim ini telah membuat negara mereka bangga," buka Rio Ferdinan dikutip dari laman BBC.

"Orang-orang Jepang akan sangat bangga dengan tim ini, cara mereka membawa diri mereka sendiri, mereka bangkit dari keterpurukan kadang-kadang tertinggal gol melawan Spanyol dan Jerman."

"Mereka telah melampaui apa pun yang telah mereka lakukan sebelumnya dalam kompetisi ini sehingga mereka harus bangga dengan apa yang telah dilakukan."

"Mereka sukses membangun masa depan yang kuat dan saya yakin mendatang bisa kembali dengan kejutan," tandasnya.

Selain Ferdinan masih ada eks MU yang menanggapi terhentinya langkah Samurai Blue di 16 besar Piala Dunia 2022.

Peter Schmeichel yang pernah memperkuat MU juga menyampaikan hal sama seperti Ferdinan.

Menurut Schmeichel, Samurai Blue harus pulang dengan kepala tegak karena perjuangannya tidak mudah untuk berada di titik sejauh ini.

Apalagi tersingkirnya Samurai Blue melalui babak adu penalti setelah berjuang menahan Kroasia selama 120 menit waktu normal.

"Saya pikir ini adalah penampilan yang fantastis dari Jepang," ucap Peter Schmeichel.

"Mereka sukses sebelumnya dihadapan Jerman dan Spanyol. Itu perjuangan membanggakan dan sekarang harus pulang dengan kepala tegak."

"Mereka kalah melawan tim dari babak adu penalti setelah berjuang penuh," pungkasnya.

(Tribunnews.com/Ipunk)

Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved