Pilkada 2020

Besok, PDIP Akan Umumkan Calon Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah Gelombang I untuk Pilkada Serentak

Hasto mengungkap pada pengumuman gelombang I ini sebagian besar pasangan calon yang diusung oleh PDIP merupakan kepala daerah incumbent.

Besok, PDIP Akan Umumkan Calon Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah Gelombang I untuk Pilkada Serentak
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan akan mengumumkan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Gelombang I pada esok hari, Rabu (19/2/2020), pukul 14.00 WIB.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP telah menetapkan para pasangan calonnya dalam rapat DPP yang digelar Senin (17/2) kemarin.

"Telah menetapkan 45 pasangan calon untuk 1 pasangan calon provinsi dan 47 pasangan calon kabupaten/kota yang sebagian diantaranya akan diumumkan secara terbuka ke seluruh rakyat Indonesia," ujar Hasto, dalam keterangannya, Selasa (18/2/2020).

Hasto mengungkap pada pengumuman gelombang I ini sebagian besar pasangan calon yang diusung oleh PDIP merupakan kepala daerah incumbent.

Baca: Gerindra Beri Dukungan Gibran Rakabuming di Pilkada, Reaksi Fadli Zon Buat Masinton Pasaribu Tertawa

Baca: Minggu Depan, PDIP akan Umumkan Rekomendasi Calon Kepala Daerah di Pilkada Serentak 2020

Baca: Andre Rosiade Gerebek PSK Disebut DPW PKS Sumbar Gimik untuk Pilkada: Dia Sudah Biasa Lakukan Itu

Selain itu mereka dipilih berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh DPP Partai dan dinilai mampu membawa kemajuan, pertumbuhan yang berkeadilan, serta kemampuan di dalam membumikan ideologi Pancasila dalam seluruh aspek kehidupan.

Politikus asal Yogyakarta tersebut mengatakan pilkada bagi PDIP merupakan momentum konsolidasi partai guna memerkuat kelembagaan partai di dalam menyiapkan pemimpin.

Oleh karenanya, ia menegaskan setiap calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari partai berlambang banteng moncong putih wajib mengikuti sekolah partai.

"Partai terus menggembleng kader-kader Partai untuk menjadi pemimpin ideologis, memiliki watak nasionalis-kebangsaan, berjiwa kerakyatan guna meghadirkan kesejahteraan rakyat yang keadilan sosial," kata dia.

"Pada saat bersamaan kekuasaan politik yang dimiliki oleh setiap kepala daerah dari PDIP harus meningkatkan derajat kemanusiaan melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, dan meningkatkan taraf kehidupan warganya yang sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan tersebut. Atas dasar hal tersebut maka setiap calon wajib menjalankan Dasa Prasetya Partai," tandasnya.

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved