Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Libur Panjang, Dukcapil Jemput Bola di Lapas Rajabasa Bandar Lampung

Tim Dukcapil yang terdiri dari Dinas Dukcapil Provinsi Lampung dan Dukcapil Kota Bandar Lampung melakukan layanan jemput bola ke Lembaga Pemasyarakata

dok Dukcapil
Tim Dukcapil yang terdiri dari Dinas Dukcapil Provinsi Lampung dan Dukcapil Kota Bandar Lampung melakukan layanan jemput bola ke Lembaga Pemasyarakatan Rajabasa Kelas 1 Bandar Lampung, Kamis (29/10/2020). 

TRIBUNNEWS.COM  - Tim Dukcapil yang terdiri dari Dinas Dukcapil Provinsi Lampung dan Dukcapil Kota Bandar Lampung melakukan layanan jemput bola ke Lembaga Pemasyarakatan Rajabasa Kelas 1 Bandar Lampung, Kamis (29/10/2020).

Kasubdit Fasilitasi Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Direktorat Dafduk Ditjen Dukcapil Kemendagri RI, Ridwan mengatakan layanan jemput kali ini bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Ini juga menyambut perintah Bapak Mendagri serta Pak Dirjen Dukcapil dalam rangka pelayanan di hari libur,” kata Ridwan dalam keterangannya, Kamis (29/10/2020).

Sesuai arahan Mendagri Tito Karnavian Dinas Dukcapil di 34 provinsi dan 514 Kabupaten/Kota  diharapkan tetap produktif dengan memberi pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di hari libur.

Kegiatan ini berlangsung dalam rangka memenuhi permohonan Kepala Lapas Rajabasa Kelas 1 Bandar Lampung kepada Kadis Dukcapil Kota Bandar Lampung.

 “Alhamdulillah sebanyak 150 warga binaan Lapas Rajabasa Bandar Lampung sudah berhasil dilaksanakan perekaman data KTP elektronik,” kata Ridwan.

Baca juga: Petugas Dukcapil yang Sengaja Perlambat Layanan Dokumen Kependudukan Bisa Kena Sanksi

Pelayanan perekaman data KTP-el langsung cetak ini diberikan demi menyukseskan Pilkada di Kota Bandar Lampung dan memenuhi hak konstitusional para warga binaan.

“Dalam waktu 3 menit dan paling lama 5 menit data rekam langsung print ready record PRR dan dicetak saat itu juga," lanjutnya.

Kegiatan pelayanan hari libur oleh Disdukcapil Kota Bandar Lampung dihadiri juga oleh Pejabat Prov Lampung, Kadis Dukcapil Provinsi Lampung, serta Ketua dan Sekretaris Forum Kadisdukcapil yang juga Kadis Dukcapil Kabupaten Pesawaran-Bali, dan Kadis Dukcapil Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah menyebutkan kabar gembira bahwa upaya kerja keras aparatur Dukcapil ini tidak sia-sia.

Sebab, Mendagri Tito Karnavian akan memberikan piagam penghargaan.

"Mendagri Tito Karnavian berkenan memberikan apresiasi yang tinggi dengan menyediakan reward berupa 20 Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bagi daerah yang menunjukkan kinerja terbaiknya," kata Dirjen Zudan.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved