Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Wali Kota Lubuklinggau Dilaporkan ke Bawaslu, Diduga Kampanye Salah Satu Paslon Bupati Musi Rawas

Nanan diduga melakukan kampanye untuk pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas nomor urut 01 Ratna Machmud - Hj Suwarti, tanpa izin resmi.

Tribun Sumsel/Eko Hepronis
Wali Kota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe. 

TRIBUNNEWS.COM, LUBUKLINGGAU - Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas terkait dugaan keterlibatannya dalam kampanye.

Dalam laporan itu disebutkan wali kota yang biasa dipanggil Nanan ini melakukan kampanye untuk pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas nomor urut 01 Ratna Machmud - Hj Suwarti, tanpa izin resmi.

Menangapi hal tersebut, saat dikonfirmasi wartawan, Nanan enggan berkomentar banyak dan enggan untuk menanggapinya.

"Abaikan saja," kata Nanan singkat.

6 ASN di Maluku Dilaporkan

Sementara itu, Bawaslu Maluku mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri di empat kabupaten pelaksana Pilkada untuk tidak terlibat dalam politik praktis di Pilkada Maluku.

Baca juga: Hasil Pengawasan Bawaslu: Kegiatan Kampanye Daring Pilkada Serentak 2020 Terus Turun

Peringatan ini menyusul semakin pendeknya masa kampanye yang tinggal sebulan lagi, apalagi Bawaslu juga telah menindak sejumlah ASN yang terbukti melakukan pelanggaran selama masa kampanye belangsung. 

Sejauh ini terdata yang sudah terbukti melakukan pelanggaran dan dilaporkan ke Komisi ASN oleh Bawaslu sebanyak enam ASN, 1 di SBT, 2 di MBD, 2 di Bursel dan 1 di Kepulauan Aru. 

"Dalam pengawasan ada dugaan-dugaan pelanggaran yang ditindak oleh Bawaslu di empat kabupaten yang sedang melaksanakan Pilkada yakni Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya," jelas Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely kepada Tribunambon.com di Kantor Bawaslu Maluku, Tantui, Ambon, Kamis (5/11/2020). 

Menurut Ely, tugas pengawasan Bawaslu yakni pertama pelanggaran pidana pemilihan, kedua pelanggaran administrasi ini terkait putusan dan berita acara yang dikeluarkan oleh KPU. 

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved