Pilpres 2019

TKN: Jokowi - Maruf Amin Komit Memajukan Seni Tradisi dan Pariwisata

“Tidak hanya itu, Pariwisata juga punya dampak ekonomi multiguna, membantu penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat,” ujarnya

TKN: Jokowi - Maruf Amin Komit Memajukan Seni Tradisi dan Pariwisata
Istimewa
Direktur Tim Kampanye Nasional Jokowi - Maruf Amin, Maman Imanulhaq 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Maruf Amin, Maman Imanulhaq mengungkapkan tradisi lokal yang unik, khas dan punya daya tarik menjadi aset utama pariwisata Indonesia.

Dalam orasi kebudayaan dalam acara Festival Kuda Renggong di Tanjungkerta Sumedang, Rabu (12/12/2018), Maman mengatakan hal ini juga  sesuai dengan komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca: Jokowi: Satpam Bukan Hanya Soal Pengamanan, Tapi Juga Wajah Institusi

Hal itu pun telah dibuktikan Jokowi menetapkan Pariwisata sebagai sektor unggulan pembangunan dengan tujuan melestarikan sumber daya alam, memajukan kebudayaan, memupuk rasa cinta tanah air dan menguatkan semangat gotong royong, pada tahun 2017.

“Tidak hanya itu, Pariwisata juga punya dampak ekonomi multiguna, membantu penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat,” ujar Politikus Partai Kembangkitan Bangsa (PKB) ini dalam keterangannya.

Tidak lupa mantan anggota DPR RI ini meminta masyarakat tetap menjaga kerukunan sosial, jangan terprovokasi Hoaks, Fitnah dan adu domba yang mengakibatkan keretakan sosial dan permusuhan.

“Sumedang terkenal dengan seni budaya dan nilai agama. Maka dengan seni kehidupan jadi penuh warna dan dengan agama, hidup menjadi terarah dan bermakna,” tegas Maman.

Atraksi 111 Kuda Renggong dari puluhan sanggar ini mampu menyedot perhatian ribuan masyarakat yang memadati lapangan sepak bola Tanjungkerta tersebut.

Di samping Maman, hadir pula Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudaya dan Kepemudaan Olahraga, Agus Sukandar. Pun Kepala Bidang Pemasaran Area 1 (Jawa) Kementerian Pariwisata RI, Wawan dan Ketua Yayasan Kuda Renggong Sumedang, Asep Daseng.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan mengaku bangga dengan kebijakan Presiden Jokowi yang serius mengembangkan dunia kepariwisataan sehingga mampu meningkatkan perolehan devisa negara.

“Pemerintah Kabupaten Sumedang mengapresiasi Kebijakan Presiden Jokowi melalui Kementrian Pariwisata yang menjadikan pariwisata menjadi bagian integral pembangunan nasional,” tutur Putera Manajer Persib Umuh Muchtar ini.

Erwan pun menitipkan ke Maman Imanulhaq, putera Sumedang yang dipercaya sebagai Direktur Relawan TKN Jokowi Amin, agar di Sumedang dibangun stadion Olahraga dan sirkuit Motor GP.

“Kami minta Kang Maman sebagai wakil masyarakat Sumedang di Pusat, untuk membantu keinginan kami mempunyak Stadion Sepakbola dan sirkuit Motor GP,” jelas Erwan.

Baca: PKP Berdikari : Kebudayaan adalah Kebahagiaan

Rangkaian acara budaya yang dimulai dari acara Wayang Ajen di Jatirtujuh, Sisingaan di Subang dan Kuda renggong ini adalah kerjasama Relawan Masyarakat Sadar Wisata (Masawita), pemerintah Kabupaten Majalengka, Subang, Sumedang dan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Maman yang didaulat menaiki Kuda Renggong terlihat memyanyikan lagu daerah sunda dan menari bersama para peserta Festival.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved