Pilpres 2019

Polri Nilai Pengamanan Debat Perdana Berlangsung Aman dan Baik

Tak hanya itu, kata dia, para pendukung kedua kubu juga tidak saling bentrok dan mampu pulang dalam keadaan aman.

Polri Nilai Pengamanan Debat Perdana Berlangsung Aman dan Baik
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Mobil sound system pengurai massa alias Raisa di area Hotel Bidakara, Jalan Rasamala Raya, Pancoran, Jakarta Selatan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengklaim bahwa pelaksanaan debat berlangsung aman dan baik, terutama karena pengamanan yang optimal. 

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pengamanan dengan sistem 4 lapis atau ring disebutnya berhasil. 

"Dengan konsep pengamanan yang dibagi 4 ring pelaksanaan debat berjalan dengan sangat aman dan baik," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/1/2019). 

Menurutnya segala macam potensi gangguan yang ada di lokasi debat yakni Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, itu bisa dimitigasi oleh Polda Metro Jaya dan jajarannya. 

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menyebut para pasangan calon nomor urut 01 dan 02 juga berhasil memasuki dan keluar dari lokasi dengan aman. 

Tak hanya itu, kata dia, para pendukung kedua kubu juga tidak saling bentrok dan mampu pulang dalam keadaan aman. 

"Alhamdulillah dari mulai para capres, cawapres, masuk dalam Gedung Bidakara, kemudian proses pelaksanaan debat berlangsung, sampai capres  kembali dan para pendukung juga meninggalkan Bidakara dengan aman," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, jelang debat capres-cawapres perdana, Polri telah menyiapkan sejumlah skenario pengamanan di lokasi, yakni Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1) malam.

Baca: Jokowi Mengaku Puas Jalani Debat Pertama

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pengamanan di lokasi terdiri dari 4 lapis atau 4 ring.

Ia menyebut ring 1 menjadi tanggung jawab Paspasmpres karena kehadiran Presiden Joko Widodo sebagai capres nomor urut 01.

"Ring 1 domain Paspasmpres dengan sandi Pengamanan Waskita karena di situ ada presiden," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Sementara pengamanan di Ring 2, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menyebut menjadi domain bersama antara TNI-Polri serta Paspasmpres.

Ring 3, kata dia, yakni di lokasi luar gedung hotel seperti halaman parkir menjadi tanggung jawab Korps Bhayangkara atau Polri.

Kemudian Ring 4 merupakan jalur yang akan digunakan oleh pejabat very very important person (VVIP). Selain itu, jenderal bintang satu itu menuturkan ring 4 juga digunakan sebagai jalur evakuasi atau jalur penyelamatan (escape) VVIP.

"Di Ring 4 itu jalur termasuk sudah ditetapkan escape VVIP baik escape udara, darat, termasuk ke rumah sakit terdekat. Semua skenario termasuk arus lalu lintas sudah dipersiapkan," kata dia.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved