Pilpres 2019

Alasan Para Purnawirawan TNI-Polri Berikan Dukungan ke Jokowi

Jokowi yang hadir dalam acara itu kemudian menggarisbawahi dan memastikan, dukungan tersebut bukan berasal dari TNI-Polri yang masih aktif

Alasan Para Purnawirawan TNI-Polri Berikan Dukungan ke Jokowi
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat menghadiri acara 'Sulaturahmi Purnawirawan TNI-POLRI dengan Calon Presiden RI' di Hall C1, JI EXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019) sore 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ribuan orang yang mengatasnamakan Purnawirawan TNI-Polri dari Komunitas CAKRA 19 (salah satu Tim Relawan 01, Jokowi - Maruf Amin), mendeklarasikan diri mendukung pasangan capres - cawapres Jokowi - Maruf Amin.

Acara deklarasi itu bertajuk "Silaturahmi Jenderal Purnawirawan TNI-Polri dengan Capres Joko Widodo", digelar di Hall C1, Jiexpo, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Baca: Luhut di Hadapan Purnawirawan TNI-Polri : Pemerintah Tak Pernah Bohong Tentang Capaiannya

Deklarasi itu dipimpin oleh mantan KASAL periode 1996 - 1998, (Purn) TNI Arief Koeshariadi.

Dalam deklarasi itu disebutkan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dan memiliki berbagai ragam etnis, suku dan budaya serta keunggulan geografi dan demografi, memerlukan sosok pimpinan tauladan, yang bersih, jujur, kerja nyata, merakyat, dan memiliki komitmen kuat untuk membangun rakyat Indonesia.

Di dalam deklarasi itu, para purnawirawan TNI-Polri menjelaskan alasan mereka memberikan dukungan kepada Jokowi - Maruf AMin.

Berikut petikan deklarasi tersebut :

"Sosok ini tercermin pada bapak Ir Joko Widodo yang sudah terbukti selama empat tahun memimpin RepubIik Indonesia yang kita cintai bersama.

Untuk itu kami para purnawirawan TNI-POLRI yang hadir pada acara silahturahmi menyatakan bahwa dalam semangat dan optimistime kerja nyata yang ditunjukan Jokowi selama empat tahun ini, maka kami dengan bulat mendukung bapak Ir Joko Widodo dan Professor Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, dalam melanjutkan pembangunan sesuai nawacita 2 untuk mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, berkepribadian yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945."

Jakarta 10 Februari 2019

Baca: Singgung Soal Video yang Ungkap Kampanye Settingan Capres, Sudjiwo Tedjo Samakan dengan Iklan Sampo

Laksamana Arif Kusharyadi

Jokowi yang hadir dalam acara itu kemudian menggarisbawahi dan memastikan, dukungan tersebut bukan berasal dari TNI-Polri yang masih aktif.

Baca: Hari Ini Seribu Purnawirawan TNI-Polri Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf

"Yang namanya TNI dan polri itu harus netral. Tapi, yang hadir di sini adalah para purnawirawan TNI-Polri, tolong dibedakan," kata Jokowi.

Hadir dalam agenda tersebut Menkopolhukam Wiranto, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, Mantan Sesmneki Polhukam Letjen TNI Purn. Eko Wiratmoko, Mantan Deputi Kantor Staf Presiden Mayjen TNI Purn. Andogo Wiradi, serta Mantan Kapuspen TNI Laksda TNI Purn. Iskandar Sitompul.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved