Pilpres 2019

TNI Pertimbangkan Blokir Video Viral Mobil Dinas Angkut Logistik Kampanye Prabowo-Sandi

Mabes TNI akan mempertimbangkan penarikan atau pemblokiran terhadap penyebaran video viral mobil Mitsubishi Pajero berplat TNI 5003-00.

TNI Pertimbangkan Blokir Video Viral Mobil Dinas Angkut Logistik Kampanye Prabowo-Sandi
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
DanPOM TNI Mayjen Dedy Iswanto (kanan) bersama Kapuspen Mayjen TNI Sisriadi (kiri) saat menggelar jumpa pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes TNI akan mempertimbangkan penarikan atau pemblokiran terhadap penyebaran video viral mobil Mitsubishi Pajero berplat TNI 5003-00 yang membawa logistik kampanye Prabowo-Sandiaga.

Penarikan video itu, dimaksudkan untuk tetap menjaga netralitas TNI dalam Pemilu 2019.

Kapuspen Mayjen TNI Sisriadi mengatakan pihaknya akan menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal penarikan video yang telah beredar luas di media sosial.

Baca: Perempuan Selandia Baru Kompak Berhijab Pasca Teror Christchurch

"Nanti akan kami hubungi Kominfo karena itu wewenangnya Kemkominfo," kata Sisriadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/3/2019).

Sisriadi juga menegaskan, plat mobil dinas yang digunakan tersebut tidak sesuai dengan jenis kendaraan yang teregistrasi di Mabes TNI.

Diketahui plat bernomor 3005.00 itu diperuntukan untuk kendaraan jenis sedan Mitsubishi Lancer.

Baca: Siswa SMP di Depok Jadi Korban Pembacokan Hingga Harus Mendapat 19 Jahitan

Sementara itu, DanPOM TNI Mayjen Dedy Iswanto mengatakan, penyelidikan atas dugaan ketidaknetralan masih dilakukan guna mengetahui oknum pengguna mobil dengan plat yang tidak sesuai tersebut.

"Dugaan ketidaknetralan mungkin ya karena itu berada di lingkungan fasilitas yang tidak boleh dipergunakan," kata Deddy.

Untuk itu, Dedy Iswanto juga menegaskan, pihak TNI akan turut mencari apakah terdapat unsur kesalahan yang dilakukan pemilik plat nomor itu sebelum nantinya diberikan sanksi.

Baca: Gara-gara Mi Telor, Belasan Siswa SDN Bojongkoneng Keracunan

“Jadi, kita cari tahu tentang unsur-unsur pelanggaran dilakukan. Tentunya dari unsur-unsur pelanggaran itulah yang akan kita lihat sanksinya. Menyesuaikan dengan hal itu,” tandasnya.

Dikabarkan sebelumnya, sebuah video viral terkait adanya mobil Mitsubishi Pajero berplat TNI dengan nomor 3005-00 yang diduga ikut membawa logistik kampanye Prabowo-Sandi.

Dalam video berdurasi satu menit itu, terlihat sejumlah orang yang sedang menurunkan logistik berupa kantong plastik bewarna merah dari bagian dalam mobil bagian belakang.

Di sekililingnya terdapat pula para peserta yang sudah mengenakan pakaian bewarna biru khas relawan Prabowo-Sandi.

Dugaan mobil berplat TNI membawa logistik kampanye tersebut diperkuat dengan adanya spanduk ucapan selamat datang kepada para relawan Prabowo-Sandi yang diperkirakan di wilayah Bogor.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved