Pilpres 2019

Di Banyuwangi, Jokowi Cerita Pernah Jadi Korban Penggusuran Hingga Tak Kepikiran Kuliah

Jokowi membagi cerita masa kecilnya. dia mengaku pernah hidup tinggal di bantaran sungai, dan digusur oleh pemerintah setempat

Di Banyuwangi, Jokowi Cerita Pernah Jadi Korban Penggusuran Hingga Tak Kepikiran Kuliah
SURYA/Fatimatuz Zahroh
Capres 01, Jokowi saat kampanye terbuka di Lapangan Blambangan, Banyuwangi Senin (25/3/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, BANYUWANGI - Di sela kegiatan Ngobrol Inspiratif  Bareng Ir H Joko Widodo (Ngopi) di Banyuwangi, Jawa Timur, Jokowi berbagi kisah suksesnya dari bisnis mebel sampai menjadi orang sukses dan memajukan negeri.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi membagi cerita masa kecilnya. dia mengaku pernah hidup tinggal di bantaran sungai, dan digusur oleh pemerintah setempat.

Baca: Hasil Survei Charta Politika : Tingkat Kepuasan Masyarakat di Era Jokowi - Jusuf Kalla Stabil

"Saya ingin bercerita mundur ke belakangan, saya ingat ketika tahun 1970an. Rumah saya di bantaran sungai, dan digusur," kata Jokowi.

"Saat itu kami tidak diberi ganti rugi. Sehingga saya dan keluarga harus nebeng (menumpang) di rumah paman. Dua tahun nebeng di situ," cerita Jokowi.

Menurut bapak tiga anak dan kakek dua cucu itu, justru masa kecil dengan lingkungan dan pengalaman seperti itu membentuk karakter dan perilaku dirinya hingga saat ini.

Setelah menghabiskan dua tahun menumpang di rumah pamannya, Jokowi dan keluarga sempat empat hingga lima kali pindah rumah kontrakan.

"Saat kecil saya, bisa sekolah saja sudah Alhamdulilllah. Tidak membayangkan yang namanya kuliah. Tapi karena kemudahan Allah alhamdulillah bisa sekolah rampung kuliah juga rampung," urai Jokowi.

Tak sampai di sana, Jokowi juga bagikan kisahnya hingga berhasil menjadi pengusaha meubel hingga produknya di ekspor ke manca negara.

Pasca-lulus kuliah, Jokowi mengaku tak langsung membuka usaha sendiri. Dia sempat bekerja di satu BUMN di Aceh selama 2 tahun.

Namun lantaran tak kuat, ia lalu bersama istrinya, Iriana, memutuskan untuk kembali ke Solo.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved