Breaking News:

Pilpres 2019

Pengamanan Debat Capres Keempat Dibuat Empat Ring

Argo menjelaskan ring pertama berada di tempat debat berlangsung. Wilayah ini juga bakal dijaga oleh Paspampres

Tribunnews.com/Glery Lazuardi
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aparat keamanan bakal membuat pola pengamanan hingga empat ring untuk mengamankan jalannya debat Pilpres keempat yang akan digelar pada Sabtu, 30 Maret 2019 di Hotel Sangrila, Jakarta Pusat.

"Tentunya dengan adanya lokasi di sana kita membuat perencanaan perencanaan pengamanan. Kita buat ring 1 sampai ring 4," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Argo menjelaskan ring pertama berada di tempat debat berlangsung. Wilayah ini juga bakal dijaga oleh Paspampres, mengingat Presiden Joko Widodo akan menjadi peserta debat kali ini.

Setiap orang yang masuk arena debat harus menggunakan ID card resmi yang dirilis oleh KPU.

Baca: Rafael Benitez Punya Taktik Cerdad Hentikan Lionel Messi

"Tentunya masuk ke ring 1 melalui pintu sterilisasi. Didalam debat juga ada pasangan pendukung capres masing masing, ada juga undangan VIP yang dikeluarkan oleh KPU," ungkap Argo.

Ring dua berada di luar ruangan debat hingga basement Hotel Sangrila. Aparat gabungan TNI-Polri bakal berjaga di wilayah tersebut.

Sementara ring 3 berada di sekitar hotel termasuk jalan menuju hotel. Pihak kepolisian bakal menempatkan petugas di area tersebut.

Wilayah ring 4 bakal berada di jalan menuju lokasi. Di titik ini pihak kepolisian menempatkan petugas untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

Argo mengungkapkan seluruh pengamanan bakal terdiri dari tim gabungan TNI-Polri serta petugas lainnya.

"Ada dari personel gabungan tadi bermacam-macam ya sidah kita siapkan semua," pungkas Argo.

Seperti diketahui, pada debat ini akan mempertemukan kedua calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Tema yang diusung dalam debat keempat adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional. Format debat keempat akan sama dengan format debat ketiga, yaitu di antaranya durasi debat dialokasikan selama dua jam dan terdiri dari enam segmen.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved