Breaking News:

Pilpres 2019

Dradjad H WIbowo: Video Surat Suara Tercoblos di Malaysia Itu Bikin Malu

Dradjad mengatakan, dirinya malu melihat isi video tersebut. Apalagi menurut Dradjad dalam video tersebut diduga warga negara asing ikut terlibat.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Choirul Arifin
TWITTER
Davin Kirana, caleg muda Nasdem yang namanya disebut sudah tercoblos di surat suara di Selangor, Malaysia. Kanan: baliho Davin Kirana. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional ( BPN) Prabowo-Sandi, Dradjad Wibowo memberikan tanggapan serius atas bredarnya video viral soal suara Pemilu 2019 dan Pilpres 2019 yang sudah tercoblos di Selangor, Malaysia.

Dradjad mengatakan, dirinya malu melihat isi video tersebut. Apalagi menurut Dradjad dalam video tersebut diduga warga negara asing ikut terlibat.

"Video tersebut sudah viral. Bahkan ada video di mana polisi Diraja Malaysia ikut hadir di TKP. Saya sampai malu melihatnya, karena pihak asing ikut terlibat dalam kejadian ini," ujar Dradjad saat dihubungi, Kamis, (11/4/2019).

Dradjad mengatakan di satu sisi ia memegang teguh asas praduga tak bersalah. Namun video tersebut memberikan indikasi yang kuat adanya kecurangan yang sistematis dan masif.

Petugas panwas dan relawan saat melakukan penggerebekan surat suara yang diduga sudah tercoblos di kawasan Selangor, Malaysia, Kamis (11/4/2019).
Petugas panwas dan relawan saat melakukan penggerebekan surat suara yang diduga sudah tercoblos di kawasan Selangor, Malaysia, Kamis (11/4/2019). (ISTIMEWA)

Baca: Davin Kirana, Caleg yang Surat Suaranya Tercoblos Itu Anak Bos Lion Air dan Dubes RI di Malaysia

"Video tersebut dan berbagai kejadian lain memberi indikasi yang kuat tentang terjadinya kecurangan yang sistematis dan masif. Kejadian lain itu seperti bagi-bagi bingkisan yang marak di berbagai daerah, politik amplop hingga berbagai tekanan oleh oknum-oknum aparat," katanya.

Baca: Tak Terima Anaknya Dicabuli, Warga Trenggalek Hajar Ipar dengan Kayu Hingga Kakinya Patah

Wakil Dewan Kehormatan PAN itu menduga bahwa kejadian surat suara tercoblos di Malaysia itu merupakan bagian dari berbagai kecurangan yang terjadi dalam Pemilu.

Temuan surat suara yang tercoblos itu merupakan puncak gunung es dari berbagai kecurangan yang selama ini tidak terendus.

"Jangan-jangan ini hanya puncak gunung es saja. Meski demikian, sesuai praduga tidak bersalah, saya menyerahkan kepada Bawaslu dan penegak hukum untuk menyidiknya. Mudah-mudahan mereka lebih mementingkan kepentigan negara dan tegaknya hukum dengan adil. Bukan malah ikut menghalalkan segala cara demi kekuasaan," tegas Dradjad.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar membenarkan adanya video surat suara yang sudah tercoblos. Dia memastikan adanya video tersebut berdasarkan laporan dari Panwaslu Kuala Lumpur.

Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).
Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019). (Tribunnews.com/ Danang Triatmojo)
Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved