Pilpres 2019

Kabupaten Banggai dan Jambi Sudah Gelar Pemungutan Suara Susulan

Komisioner KPU RI Pramono Ubaid mengatakan sebelumnya ada sekitar 2.000 lebih TPS batal melakukan pemungutan suara pada 17 April

Kabupaten Banggai dan Jambi Sudah Gelar Pemungutan Suara Susulan
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
ilustrasi: Petugas KPPS membawa kotak suara berisi surat suara Pilpres dan Pileg hasil pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 41 untuk dikembalikan ke PPS Andir menggunakan perahu melintas banjir di RT 01 RW 13, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/4/2019) dini hari. Penghitungan surat suara di TPS yang berada di lokasi banjir itu baru selesai Kamis sekitar pukul 00.30 WIB dan kotak suara diangkut perahu sekitar pukul 01.30 WIB. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner KPU RI Pramono Ubaid mengatakan sebelumnya ada sekitar 2.000 lebih TPS batal melakukan pemungutan suara pada 17 April.

Tapi, sebagian wilayah dari ribuan TPS itu sudah melakukan pemungutan suara susulan sejak Kamis (18/4) kemarin.

Beberapa wilayah itu antara lain 391 TPS di Kabupaten Banggai di Sulawesi Tengah, 24 TPS di Kota Jambi.

"Sudah kita pastikan bahwa 391 TPS di Banggai, Sulawesi Tengah sudah melakukan pemungutan suara susulan kemarin. Kemudian 24 TPS di Kota Jambi sudah dilaksanakan kemarin juga," ujar Pramono di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019).

Baca: Jadwal Padat Persija Bikin Ivan Kolev Pusing

Baca: Quick Count : Cuma Unggul di 16 Provinsi, Jokowi Malah Menang Atas Prabowo yang Kuasai 18 Provinsi

Selain itu, ada 113 TPS di Nias Selatan, Sumatera Utara akan melangsungkan pemungutan suara susulan pada Sabtu (20/4) besok. Sebab pemungutan suara susulan yang seharusnya dilaksanakan hari ini, bertepatan dengan peringaran Jumat Agung, dimana mayoritas masyarakat di sana merayakannya.

"113 TPS di Nias Selatan itu akan dilaksanakan besok hari Sabtu, karena hari Jumat ini karena warganya sebagian warganya merayakan Jumat Agung," ujar dia.

KPU juga terus berkoordinasi dengan jajarannya di daerah untuk kemungkinan pelaksanaan pemungutan suara susulan besok di dua wilayah Papua yaitu Tolikara, Lani Jaya, serta beberapa Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved