Pilpres 2019

Jokowi-Ma'ruf Menang Pilpres, Erick Thohir: Terima Kasih Indonesia

pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang dengan perolehan suara mencapai 85.607.362

Jokowi-Ma'ruf Menang Pilpres, Erick Thohir: Terima Kasih Indonesia
Tribunnews/MUHAMMAD FADHLULLAH
Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir sedang memberikan sambutan di acara Syukuran Kemenangan Pilpres 2019 bertajuk Panggung Gemb1ra di The Pallas, Jakarta, Minggu (21/04/2019). Acara tersebut merupakan syukuran hasil kemenangan yang telah mendeklarasikan menjadi pasangan Presiden Joko Widodo dengan Wakil Presiden Maruf Amin pada pemilihan presiden 2019 berdasarkan hasil perhitungan cepat (Quick Count) oleh 12 lembaga survei. TRIBUNNEWS/MUHAMMAD FADHLULLAH 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir mengaku bersyukur setelah penetapan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional untuk Pileg dan Pilpres 2019 dilakukan KPU, di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Dari hasil rekapitulasi yang ditetapkan KPU, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang dengan perolehan suara mencapai 85.607.362 atau 55,50 persen. Selisih suara mencapai 16.957.123 atau 11 persen.

"Alhamdulillah. Hanya ada rasa syukur kepada Allah SWT dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang sudah memberikan suaranya di Pilpres dan Pileg tahun ini. Terutama suara kepada Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin sehingga pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia untuk Indonesia maju terus di tingkatkan," ujar Erick Thohir dalam keterangannya, Selasa (21/5/2019).

Erick mengapresiasi KPU, Bawaslu, Partai koalisi, serta TNI, dan pihak Kepolisian yang tak henti-hentinya membuat pesta demokrasi ini berjalan baik.

Capres petahana Joko Widodo menyapa warga sebelum menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Capres petahana Joko Widodo menyapa warga sebelum menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Partisipasi rakyat yang ikut juga sangat tinggi dan hal ini menunjukkan bahwa rakyat kita sudah dewasa, tidak mudah ditakut-takuti, serta terlibat aktif agar pesta demokrasi ini berjalan lancar dan memberi hasil yang positif.

“Terima kasih untuk bangsa Indonesia yang sudah menyukseskan pesta demokrasi. Terima kasih kepada ketua partai dan pendukung, serta semua caleg yang tak kenal lelah bekerja sepenuh hati. Terima kasih untuk relawan dan semua yang berjuang untuk menjaga Indonesia yang kita banggakan. Terima kasih kepada para jurnalis yang terus mewartakan setiap peristiwa kepada masyarakat sehingga terjaga Pemilu yang transparan,” ungkap Erick.

Di saat yang sama, Erick juga mengimbau kepada para relawan, pendukung dan simpatisan 01 untuk tetap tenang, dan tidak perlu euforia berlebihan dalam merayakan kemenangan.

"Hasil baik di bulan baik, harus disikapi dengan baik, pemenang harus ksatria dan selalu tawaddhu. Baik 01 atau 02, kita semua sudah bekerja keras membuat suara kita terdengar dalam perbedaan," ungkap Erick.

Capres petahana Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Capres petahana Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Kita harus ingat, bangsa Indonesia lahir atas perbedaan, besar karena keberagamaan, kuat dari kemajemukan. Mari kita syukuri kemenangan kita dalam melaksanakan pesta demokrasi terbesar di dunia dengan baik. Hari ini, kita kembali bersatu untuk Indonesia yang kita Kenal, Indonesia yang kita cintai," tambahnya.

Baca: Prabowo Anggap Pengumuman Hasil Pilpres Janggal, Mantan Komisioner KPU Bongkar Perbedaan dengan 2014

Baca: Ustaz Arifin Ilham Kritis, Istri Pertama: Ya Allah Sembuhkan Suamiku yang Sholeh

Diketahui, hasil rekapitulasi nasional oleh KPU yang menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf mengantongi total suara sah sebanyak 85.607.362 juta atau 55,50 persen suara.

Sementara, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 68.650.239 atau 44,50 persen suara.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved