Pilpres 2019

JK Serahkan Soal Koalisi kepada Jokowi

Ia berkaca, pada peristiwa beberapa tahun silam, saat partai Golkar mendukung Prabowo, namun kini berada dipihak pemerintah.

JK Serahkan Soal Koalisi kepada Jokowi
Rina Ayu/Tribunnews.com
Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan dirinya tak ikut campur dalam urusan koalisi Jokowi ke depan. Baginya, semua keputusan penuh berada di tangan calon presiden nomor urut 01.

"Karena pemerintah akan datang saya tidak ikut lagi, saya tidak tahu itu lagi koalisi-koalisi itu. Itu tergantung ke Pak Jokowi sendiri," ujar JK saat ditemui di kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019).

Saat disinggung sinyal partai pengusung Prabowo-Sandi merapat ke kubu 01, menurut dia, hal yang biasa terjadi di negara demokrasi.

Ia berkaca, pada peristiwa beberapa tahun silam, saat partai Golkar mendukung Prabowo, namun kini berada dipihak pemerintah.

Baca: Umbu S Samapaty Siap Jadi Pengacara Karyawan KONI Pusat Tuntut Tunggakan Gaji

Baca: Gerindra Incar Kursi Ketua MPR

Baca: Madura United vs Persebaya Surabaya: Djanur Berharap Tembok Tangguh Bajul Ijo Bisa Tampil

"Jadi politik itu dinamis sekali. Karena itulah dalam politik tidak ada kawan dan lawan abadi. Hari ini berlawanan, tapi ujungnya juga bersamaan. Itu biasa aja dalam politik," ucap mantan ketemu Partai Golkar ini.

Sebelumnya, PDIP menyatakan membuka pintu bagi partai politik yang ingin merapat ke barisan koalisi pemerintah.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya terbuka bagi Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN), bahkan Partai Gerindra sekalipun yang jadi penantang Jokowi dalam pilpres.

"Dengan Gerindra pun kita terbukti bisa kerjasama di parlemen. Karena mereka pasti tidak akan keluar dari parlemen, mereka juga akan menggunakan kepercayaan (pemilih) yang diberikan kepada Gerindra," kata Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved