Pilpres 2019

Ray Rangkuti: Gerindra Sebaiknya Menikmati Sebagai Oposisi

Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti menilai saat ini sebaiknya Partai Gerindra menikmati saja posisi sebagai oposisi.

Ray Rangkuti: Gerindra Sebaiknya Menikmati Sebagai Oposisi
Reza Deni/Tribunnews.com
Ray Rangkuti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti menilai saat ini sebaiknya Partai Gerindra menikmati saja posisi sebagai oposisi.

"Gerindra, PAN, Demokrat, Berkarya dan Garuda sebaiknya jadi penikmat oposisi. Biarkan partai pemenang mengelola kekuasaan. Tidak perlu tergoda pada kekuasaan," ucap Ray Rangkuti dalam sebuah diskusi bertajuk "Sesudah MK, Silaturahmi atau Negosiasi", Jumat (28/6/2019).

Sementara itu, Politikus Golkar Sebastian Salang juga menilai tidak mudah bagi Gerindra untuk bergabung ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin.

Gerindra, menurut Sebastian Salang, pasti memiliki pertimbangan untuk mengambil keputusan tersebut, seperti aspirasi dari para pendukungnya.

Menurut dia, para pendukung kubu 02, Prabowo-Sandiaga pasti sulit menerima jika Gerindra bergabung dengan koalisi pemerintah.

Baca: Cerita Jokowi Gagal Makam Malam di Rumah Maruf Amin Gara-gara Sidang MK

"Pasti Gerindra punya pertimbangan, nanti apa kata pendukungnya? Karena ini berkaitan dengan pemilu berikutnya," ungkap Sebastian.

Sebastian menambahkan Gerindra dan koalisi lainnya yang berada dalam satu gerbong bisa membangun tradisi oposisi yang baik.

Ini karena negara berdemokrasi juga membutuhkan kekuatan yang mengimbangi pemerintah yang sedang berkuasa.

"Demokrasi akan sehat kalau ada check and balances. Kalau tidak, cenderung tergoda menyalahgunakan kekuasaan. Berada di luar pemerintahan juga bukan pilihan yang tidak terhormat," imbuhnya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved