Cara Mendeteksi Bocor dan Rembes Pada Dinding Kamar Mandi

Penyebab terjadinya rembes dan kebocoran pada kamar mandi bisa jadi karena penggunaan waterproofing yang keliru

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kamar mandi menjadi area paling rawan mengalami rembes ataupun bocor, terutama pada rumah bertingkat.

Hal itu dapat dilihat pada area plafon tepat di bawah kamar mandi. Bekas noda rembesan hingga tetesan air tentunya membuat risih penghuni rumah, namun hal tersebut tentu ada penyebab dan solusi penyelesaiannya.

Penyebab terjadinya rembes dan kebocoran pada kamar mandi bisa jadi karena penggunaan waterproofing yang keliru dan salah memilih waterproofing kamar mandi.

Pemilik rumah biasanya paham melakukan waterproofing pada dinding luar, fasad atau atap rumah yang memang terpapar langsung dengan air hujan.

Tetapi berbeda kasus dengan kamar mandi, jenis waterproofing yang digunakan pada area yang terus-menerus basah dan tergenang air juga harus disesuaikan.

Baca juga: CHL Inves Rp 200 Miliar Kembangkan Hunian Tapak di Bintaro

Waterproofing kamar mandi adalah pelapisan anti bocor atau pelapisan kedap air terutama pada lantai kamar mandi sebelum proses pemasangan keramik.

Waterproofing kamar mandi yang tepat yaitu waterproofing dua komponen berbahan semen (cementitious waterproofing) yang dapat ditemukan dalam produk Aquagard, produk dari Aquaproof.

Baca juga: PUPR: Backlog Rumah 12,75 Juta, Belum Termasuk Pertumbuhan Keluarga Baru

General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia Antony Kostka, menjelaskan selain sifat utamanya kedap air atau anti bocor efektif menahan air, Aquagard juga memiliki teknologi Flexible Cementitious yang hasil aplikasinya bersifat fleksibel.

Baca juga: PPN DTP Picu Pemulihan Industri Properti

Sifatnya anti retak dan bisa diaplikasikan c di area yang rawan pergerakan mikro seperti area jalur kereta api atau jalur angkutan bermuatan besar.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved