Atasi Suhu Panas, Cat Ini Diklaim Bisa Bikin Tembok Lebih Adem

Penggunaan cat penolak panas seperti ini diklaim dapat menurunkan suhu permukaan dinding yang dilapisinya hingga 20 derajat celcius.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
IST
Ilustrasi - Mengecat tembok. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Distributor produk pelapis anti bocor PT Adhi Cakra Utama Mulia, merilis produk cat penolak panas Heatgard.

Untuk Indonesia yang suhu tertingginya bisa mencapai 35,9 derajat celcius, penggunaan cat penolak panas seperti ini diklaim dapat menurunkan suhu permukaan dinding yang dilapisinya hingga 20 derajat celcius.

Pada pengujian panas yang dilakukan internal dengan membandingkan atap metal yang dilapisi cat ini dengan warna abu versus atap metal yang dilapisi cat biasa warna abu, kemudian paparan suhu diwakili lampu infrared pengganti sinar matahari didapati hasil suhu masing-masing atap metal yang awalnya 31 derajad celcius yang ditunjukkan terlihat atap yang dilapisi Heatgard 49,8 derajat dan tidak dilapisi cat ini 68,2 derajat celcius.

Pengujian infra red dilakukan selama 5 menit.

General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia Antony Kostka mengatakan, cat produksinya ini memiliki teknologi Reflect and Insulate yang bekerja menolak atau memantulkan panas matahari yang ada di permukaan luar bangunan dan meredam panas matahari yang masuk ke dalam bangunan.

Baca juga: Survei Bank Indonesia: Harga Properti Residensial Naik 1,87 Persen di Kuartal I-2022

"Selain itu juga memiliki formula anti bocor, sehingga baik musim kemarau maupun musim hujan rumah akan tetap terlindungi," ujarnya.

Cara penggunaan cat ini sama seperti cat pada umumnya yaitu bersihkan semua bagian yang mudah lepas dan terkelupas dengan kape atau sikat kawat, sehingga bidang yang akan diaplikasikan memiliki daya lekat yang baik terhadap cat.

Baca juga: Tips Bikin Hunian Makin Nyaman, Hias Dinding Pakai Wallpaper Saja

Kemudian cat diaplikasikan ke permukaan menggunakan kuas atau roll tanpa perlu dicampur air. Pengecatan disarankan dua lapis atau lebih sampai mendapatkan ketebalan sesuai daya sebar yang dianjurkan, yakni 1 liter untuk 1 meter persegi dengan selang waktu minimal 1 jam setiap pelapisan.

Untuk bidang seperti atap seng yang bergelombang dapat melapisi Heatgard menggunakan airless spray.

Area sudutan dan pertemuan dua bidang juga dapat diperkuat dengan Aquaproof Polyester Mesh.

Baca juga: Bidik Milenial, Pengembang Ini Luncurkan Hunian Smart Home di Sawangan Depok

Cat ini dipasarkan dalam dua kemasan yaitu 4 liter dan 20 liter dengan pilihan warna putih, abu dan cream yang merupakan warna-warna yang sudah diuji memiliki kemampuan menolak panas matahari yang baik dan menghambat karat terutama bila diaplikasikan pada bidang-bidang berbahan metal seperti atap seng.

Baca juga: Jenis-jenis Tanaman Indoor untuk Detoksifikasi Udara Pada Hunian Anda

Antony mengatakan, penggunaan cat penolak panas pada eksterior rumah yaitu dapat menghemat penggunaan energi listrik terutama dari pemakaian AC. Misalnya untuk aplikasi pada fasad, dinding samping, maupun atap metal.

Begitu juga untuk bangunan pergudangan yang biasanya menggunakan atap berbahan metal atau logam.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved