Menteri ATR: Pemerintah Akan Terbitkan Sertifikat HGB untuk Warga Gili Trawangan

Menteri ATR Hadi Tjahjanto menyatakan, Pemerintah akan menerbitkan sertifikat HGB untuk warga Gili Trawangan.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto menyatakan Pemerintah akan menerbitkan sertifikat HGB untuk warga Gili Trawangan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengunjungi Pulau Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (16/09/2022).

Kedatangannya didampingi Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni untuk mencari solusi pertanahan.

Hadi berdialog terkait permasalahan pertanahan yang mereka alami. Masyarakat meminta agar pemerintah memberikan hak atas tanah berupa hak milik kepada para subjek.

Sebagai solusi yang menguntungkan berbagai pihak, Hadi Tjahjanto menyatakan pemerintah akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa mengelola tanah mereka dan mendapatkan kepastian hukum, yaitu sertifikat HGB.

"Itu bisa dimanfaatkan oleh Bapak-bapak dan Ibu sekalian sampai 80 tahun (30 tahun pemberian hak pertama kali, diperpanjang 20 tahun dan dipembarui 30 tahun) ," terang Hadi.

Hadi mengatakan, dengan menerima sertipikat HGB, masyarakat tidak perlu lagi memiliki rasa khawatir untuk mengembangkan usaha di Gili Trawangan.

Baca juga: Sandi Siapkan Event dan Travel Pattern untuk Bangkitkan Lagi Pariwisata Gili Trawangan

“Dengan potensi wisata yang sangat luar biasa, kita semua memandang masyarakat harus terlibat untuk mengembangkan perekonomian di sini,” imbuhnya.

Menteri ATR juga menyampaikan, selain memberi kepastian hukum, sertipikat HGB juga bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Manfaat ekonomi itu, yakni bagi masyarakat yang membutuhkan modal usaha, sertipikat HGB yang akan diserahkan nantinya bisa membuka akses ke perbankan. Hal inilah yang dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Gili Trawangan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved