Breaking News:

Menteri Agama: Idul Fitri Menunggu Sidang Isbat

Pemerintah sampai saat ini belum memutuskan secara resmi jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah sampai saat ini belum memutuskan secara resmi jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 Hijriyah, kendati Pengurus Pusat Muhammadiyah telah memutuskan 1 Syawal  1431 H, jatuh pada pada hari Jumat 10 September 2010.

Namun, Menteri Agama Suryadharma Ali belum bisa memastikan dan memutuskan jatuhnya Idul Fitri.

"Memang ada kecenderungan Idul Fitri 10 September 2010, tapi belum bisa diputuskan. Keputusannya menunggu hasil sidang Isbat," ujar Menag Surya Dharma Ali, saat ditemui di Istana wakil Presiden, Selasa (7/9 2010).

Ada kemungkinan Hari Raya Idul Fitri 1431 H, kali ini menurut Surya Dharma bisa dirayakan secara bersamaan, terutama untuk ormas terbesar Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, namun untuk Nahdlatul Ulama masih harus melalui rukyatul hillal.

"Besok sore, tanggal 8 akan lakukan sidang itsbat. Tapi ada kecenderungan memang tanggal 10, belum bisa diputuskan, yang putuskan sidang itsbat. Karena perkiraan pada tanggal 8 itu hilal masih di bawah minus 2 derajat. Jadi tidak terlihat. Oleh karenanya digenapkan jadi 30 hari puasa sampai tanggal 9 September dengan demikian kemungkinan tanggal 10 Lebarannya," paparnya.

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved