Idul Fitri 2014

Jumat, Puncak Arus Balik Lebaran

Beberapa ruas jalan, arus lalu lintas justru masih dipadati oleh para pemudik.

Jumat, Puncak Arus Balik Lebaran
KOMPAS/Ferganata Indra Riatmoko
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di Jalur Pantura akibat adanya penyumbatan arus lalu lintas di Kecamatan Ciasem, Subang, Jawa Barat, Jumat (25/7/2014). Puncak arus mudik diperkirakan berlangsung pada hari ini seiring telah dimulainya masa libur Hari Raya Idul Fitri bagi pekerja maupun karyawan di berbagai instansi. Pemantauan arus mudik tersebut dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dengan menggunakan helikopter Basarnas. Kompas/Ferganata Indra Riatmoko 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua hari setelah lebaran, lalu lintas menuju kota besar belum tampak ramai. Pada kamera pemantau arus lebaran di Kementerian Perhubungan, Rabu (30/7/2014), ruas jalan menuju Jakarta misalnya masih tampak lengang.

Bahkan untuk beberapa ruas jalan, arus lalu lintas masih dipadati oleh para pemudik.

Ketua Pokja Harian Posko Mudik Kementerian Perhubungan, Bambang Tjahyono, mengatakan arus balik diprediksi akan terjadi pada hari Jumat 1 Agustus 2014.

"Saya pikir akan terjadi pada hari Jumat, jika sekarang masih sebagian kecil, karena beberapa kantor masih libur," ujar Bambang.

Bambang mengatakan hari Jumat digunakan para pemudik kembali ke kota besar untuk menghindari kemacetan dan penumpukan.

"Untuk menghindari penumpukan para pemudik akan balik sehari atau dua hari sebelum masa libur usai," ujar Bambang.

Sementara itu petugas pemantau Kamera lalu lintas di Kemenhub, Hani Agus mengatakan selama dua hari terakhir laporan dari petugas pemantau di lapangan masih sepi.

Lanjut Agus hal itu disebabkan oleh lancarnya kendaraan pada arus balik lebaran.

"Masih sepi laporan, karena lalu lintas belum bermasalah, jika melihat lebaran sebelumnya, puncak atus balik akan terjadi pada hari Jumat dan Sabtu," ujar Agus.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved