Breaking News:

Ramadhan 2015

Apa Hukumnya Kalau Juru Masak Mencicipi Makanan Saat Berpuasa?

Diantara hal yang dimakruhkan untuk dilakukan ketika puasa adalah mencicipi makanan untuk orang yang tidak ada membutuhkannya.

zoom-inlihat foto Apa Hukumnya Kalau Juru Masak Mencicipi Makanan Saat Berpuasa?
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Koki Steve dari Magnum cafe saat memperagakan pleasure seekers signature ice cream pada acara peluncuran cafe magnum terbaru dengan konsep the house of chocolate di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (04/07/2012). (Tribun Jakarta/Jeprima)

TRIBUNNEWS.COM - Diantara hal yang dimakruhkan untuk dilakukan ketika puasa adalah mencicipi makanan untuk orang yang tidak ada membutuhkannya.

Namun tidak bagi para pelaku rumah makan terutama juru masaknya.Mereka tetap mampu bekerja dengan baik dan menyuguhkan makanan dengan nikmat meski tetap bekerja selama bulan Ramadhan.

Hal ini dijelaskan ulama asal Kalimantan Selatan, ustad Khairullah. Ia mengatakan kalau memang dibutuhkan untuk hal tersebut seperti seorang chef, juru masak atau koki, yang perlu merasakan makanan tersebut seperti manis dan asinnya maka diperbolehkan.

"Itu karena dia akan hidangkan kebanyak orang. Tapi tentunya dengan catatan, harus berhati-hati supaya tidak ada sesuatu apapun yang sampai ketenggorokan," ujar Khairullah.

Dalam sebuah atsar (perkataan seorang sahabat) dari Ibnu ‘Abbas mengatakan,“Tidak mengapa seseorang yang sedang berpuasa mencicipi cuka atau sesuatu, selama tidak masuk sampai ke kerongkongan.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushonnaf no. 9277. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ no. 937 mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Khairullah melanjutkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan “Mencicipi makanan terlarang bagi orang yang tidak memiliki hajat, akan tetapi hal ini tidak membatalkan puasanya. Adapun untuk orang yang memiliki hajat, maka hukumnya seperti berkumur-kumur.” (Majmu’ Fatawa, 25/266-267, Maktabah Syamilah).

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved