Breaking News:

Ramadan 2016

Kapolres Jember Memprakarsai Operasi Pasar Murah Ramadan

Mengantisipasi lonjakan harga sembako yang membebani masyarakat, Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif memprakarsai operasi pasar murah.

Tribun Jabar/Syarif Abdussalam
ILUSTRASI PASAR MURAH - Warga mengantre di pasar murah yang digelar Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung bersama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) di Pasar Baleendah, Senin (6/6/2016). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Mengantisipasi lonjakan harga sembako yang membebani masyarakat, Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif memprakarsai operasi pasar murah.

Operasi pasar murah akan digelar di sekitar Mapolres Jember di Jalan Gatot Subroto pada 18 dan 19 Juni mendatang. Selain kebutuhan pokok, pasar murah akan menjual barang-barang lain.

"Semua barang akan dijual murah dari harga pasaran di operasi pasar tersebut," kata Sabilul kepada wartawan di Polres Jember, Jumat (10/6/2016).

Selain menggandeng Bulog, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan UMKM, Perusahaan Daerah Perkebunan, Polres Jember turut menggandeng swasta.

Pihak swasta yang terlibat di antaranya Wings Surya (penyedia kebutuhaan rumah tangga), Matahari Departemen Store (konveksi dan kebutuhan lebaran), Carrefour (kebutuhan pokok), Alfamart, Indomart, Indomarco, UD Jaya Mayang, Rajawali, Barokah (beras), Fajar Mulya, Lisa Jaya Mandiri (minyak goreng), Unilever (kebutuhan rumah tangga), Indofood (kebutuhan pokok), Mitra Prayogo, Laras Inti (telur), dan lainnya.

"Semua barang dijual dengan harga lebih murah dari pasaran. Banyak pihak yang mendukung operasi pasar ini," kata mantan Kasatlantas Polrestabes Surabaya itu.

Ia tak ingin Jember sebagai satu dari sekian kabupaten pemasok bahan pokok di Jawa Timur, menjadi lokasi penimbun bahan pokok kebutuhan masyarakat.

Sabilul akan menindak tegas para pelaku, jika dalam pelaksanaan sidak didapat oknum pedagang yang sengaja menaikkan harga bahan pokok tak wajar.

"Kami tidak main-main, jangan sampai ada yang melakukan penimbunan bahan-bahan pokok, dan memainkan harga. Masyarakat yang menemui itu laporkan pada kami. Ini Jember!" tegas Sabilul.

Polres Jember akan juga menggelar sidak pasar selama tiga hari berturut-turut baik ke pasar-pasar tradisional maupun pasar modern di Kabupaten Jember.

Sabilul tidak mengatakan kapan sidak tersebut dilaksanakan. "Tunggu saja tanggal mainnya. Kami akan lakukan sidak, kalau ada yang menimbun akan kami tindak," imbuh dia.

Sabilul mengintruksikan Kasat dan perwira agar dapat melaksanakan rencana kegiatan sidak pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok di Jember.

Sekaligus untuk memberikan jaminan agar masyarakat tidak risau dan dapat secara tenang menjalankan ibadah puasa sampai Hari Raya Idul Fitri tiba.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved