Ramadan 2016

Kapan Sebenarnya Malam Lailatul Qadar Itu Terjadi?

Saya ingin tanya kapan sebenarnya malam lailatul qadar itu?

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
KHUSUK - Umat muslim melakukan i tikaf di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Minggu (26/6) dini hari. Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan, umat muslim meningkatkan ibadah dengan membaca kitab suci dan menunaikan salat malam untuk menjemput Lailatul Qadar yang diyakini hadir pada malam ganjil di bulan Ramadan. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM - Assalamu'alaikum.

Saya ingin tanya kapan sebenarnya malam lailatul qadar itu?

Dari fadlifadlipratamao53@gmail.com

Jawab:
Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Qadr (97), malam laylatul qadr akan terjadi pada malam-malam dalam Ramadhan.

Namun, tidak seorangpun yang tahu, pada malam apa persisnya. Menurut berbagai sumber, serta belajar dari bagaimana Rasulullah beribadah selama Ramadhan, diyakini terjadinya pada sepertiga akhir, atau sepuluh hari terakhir Ramadhan, sebagaimana disebutkan dalam hadits-hadist berikut ini:

Aisyah r.a. berkata, "Rasulullah ber'itikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, dan beliau bersabda, 'Carilah malam qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan."

Ibnu Abbas r.a. mengatakan bahwa Nabi saw bersabda, "Carilah Lailatul Qadar pada malam sepuluh yang terakhir dari (bulan) Ramadhan. Lailatul Qadar itu pada sembilan hari yang masih tersisa, tujuh yang masih tersisa, dan lima yang masih tersisa." (Yakni Lailatul Qadar 2/255).

Keberadaan lailatul qadr pasti adanya, sebagaimana ditegaskan dalam QS al-Qadr (97) di atas. Namun, kerahasiaan kapan persisnya, tentunya menjadi suatu yang menarik untuk dicari dan diusahakan secara maksimal oleh setiap Muslim.

Nah, mari kita sama berusaha untuk mendapatkannya. Insya Allah.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved