Ramadan 2019

Tradisi Ziarah Kubur Jelang Puasa, Pernahkah Nabi Melakukannya? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Sebelum memasuki Bulan Ramadan, umat muslim punya tradisi melakukan ziarah ke makam keluarga atau orangtua seperti kakek maupun nenek yang sudah menin

Tradisi Ziarah Kubur Jelang Puasa, Pernahkah Nabi Melakukannya? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga melakukan ziarah ke makam keluarga mereka di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta, Sabtu (16/6/2018). Melakukan ziarah kubur merupakan tradisi yang dilakukan umat muslim Indonesia pada saat Lebaran. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Bulan Suci Ramadan tak lama lagi datang. Tinggal menghitung hari, umat muslim menjalankan ibadah pusa wajib.

Satu puasa ditetapkan 6 Mei 2019. Dan umat muslim akan mulai melaksanakan Salat Tarawih, 5 Mei malam.

Sebelum memasuki Bulan Ramadan, umat muslim punya tradisi melakukan ziarah ke makam keluarga atau orangtua seperti kakek maupun nenek yang sudah meninggal.

Hal ini nampaknya telah menjadi tradisi ini sudah berlangsung lama.

Lantas, bagaimanakah hukumnya berziarah kubur menjelang Ramadan atau bulan puasa?

Menurut Ustad Abdul Somad, Nabi Muhammad pernah melarang umatnya berziarah kubur, namun sekarang sudah dibolehkan.

Baca: Mantan Tentara yang Culik 6 Bocah Diringkus, Foto dan Video Penangkapannya Viral di FB

Terkait waktunya, bisa kapan saja, tak harus menjelang bulan puasa.

Warga berziarah kubur ke makam keluarga di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Legok Ciseureuh, Jalan Mekar Utama, Komplek Istana Mekar Wangi, Kota Bandung, Rabu (16/5/2018). Ziarah kubur jelang bulan suci Ramadan itu untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Warga berziarah kubur ke makam keluarga di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Legok Ciseureuh, Jalan Mekar Utama, Komplek Istana Mekar Wangi, Kota Bandung, Rabu (16/5/2018). Ziarah kubur jelang bulan suci Ramadan itu untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Baca: Pengantin Baru Kaya Ammar Zoni dan Irish Bella Lagi Romantis, Apa Hukumnya Bermesraan Saat Puasa?

“Kapan saja boleh. Mau menjelang puasa, sedang bulan puasa atau setelah bualan puasa, bebas saja. Lalu mengapa orang-orang kita sering berziarah kubur menjelang bulan puasa? Mungkin saja karena dia baru bisa libur pas mau puasa atau saat sedang bulan puasa. Bisa juga karena hatinya sedang lapang, ingin mengingat Allah maka pergilah di ke kubur, mau mengingat mati,” jelasnya.

Katanya, hal ini ada di kitab karangan seorang syekh tentang ziarah kubur.

ZIARAH KUBUR - Warga memanjatkan doa untuk keluarganya yang telah tiada ketika melakukan ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan KAmis (10/5/2018). Ziarah kubur menjadi tradisi bagi umat muslim sebelum memasuki Ramadhan. Selain berdoa, peziarah juga memanfaatkan untuk melakukan bersih-bersih makam anggota keluarga. (Warta Kota/Henry Lopulalan)
ZIARAH KUBUR - Warga memanjatkan doa untuk keluarganya yang telah tiada ketika melakukan ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan KAmis (10/5/2018). Ziarah kubur menjadi tradisi bagi umat muslim sebelum memasuki Ramadhan. Selain berdoa, peziarah juga memanfaatkan untuk melakukan bersih-bersih makam anggota keluarga. (Warta Kota/Henry Lopulalan) (Warta Kota/Henry Lopulalan)

Lalu ada lagi pertanyaan, apakah berziarah kubur menjelang bulan puasa pernah dilakukan Nabi Muhammad?

Halaman
1234
Penulis: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved