Ramadan 2019

Sejarah Baitul Maal Di Masa Dinasti Bani Abbasiyah

Karena hal tersebut, maka ketika khalifah al-Mansyur (754 – 775 M) yang menggantikan al-Saffah berkuasa, perbendaharaan negara sangatlah minim.

Sejarah Baitul Maal Di Masa Dinasti Bani Abbasiyah
Istimewa
Slamet Tuharie - Slamet Tuharie - Manajer Program NUCARE-LAZISNU 

Oleh: Slamet Tuharie

Di masa kekuasaan Bani Abbasiyah, Baitul Maal memiliki fungsi yang semakin luas. Pada kepemimpinan Abdullah al-Saffah (750-754 M) dana Baitul Maal lebih banyak diberikan kepada para sahabat dan tentara.

Karena hal tersebut, maka ketika khalifah al-Mansyur (754 – 775 M) yang menggantikan al-Saffah berkuasa, perbendaharaan negara sangatlah minim.

Oleh karena itu, al-Mansyur bersikap keras dalam peneguhan kedudukan keuangan Negara.

Kebijakan al-Mansyur yang sangat menghemat dana Baitul Maal menjadikan kekayaan kas Negara sampai 810 juta dirham ketika ia wafat.

Ramadan berbagi bersama NU Care-LAZISNU
Ramadan berbagi bersama NU Care-LAZISNU (NU Care-LAZISNU/Istimewa)

Dana tersebut selain berasal dari zakat, juga dari kharj, ghanimah, fa’i, wakaf dan lainnya. Dengan kemampuan intelektualnya sebagai seorang ekonom yang handal, Khalifah al-Mansyur telah banyak berperan dalam sektor perekonomian Bani Abbasiyah dan mampu meletakkan dasar-dasar yang kuat dalam bidang ekonomi dan keuangan negara.

Peneguhan fungsi Baitul Maal kemudian kembali diperkuat di zaman Khalifah Harun al-Rasyid (786 – 803 M) dan putranya al-Ma’mun (813 – 833 M).

Baitul Maal diperluas tidak hanya pada penciptaan kesejahteraan sosial yang meliputi kesehatan dan pendidikan, namun juga pada pengembangan riset-riset ilmiah.

Termasuk pengembangan ilmu pengetahuan, dan kebudayaan serta kesusatraan.

Salah satunya adalah untuk pembiayaan penerjemahan buku-buku Yunani ke bahasa Arab dengan cara mengirimkan orang-orang ke Kerajaan Romawi, Eropa untuk membeli “Manuscript”.

Halaman
123

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Ust. Zul Ashfi, S.S.I, Lc

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved