Arus Tol Lancar, Warga Bekasi Ini Butuh Waktu Hanya Empat Jam Sampai di Pekalongan

Horor kondisi macet sepertinya telah menjadi pengalaman berharga bagi para stakeholder untuk berjibaku memberikan yang terbaik kepada masyarakat

Arus Tol Lancar, Warga Bekasi Ini Butuh Waktu Hanya Empat Jam Sampai di Pekalongan
IST
Kendaraan pemudik meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek di hari H-4 Lebaran, Sabtu (31/5/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Sejumlah pemudik yang melakukan perjalanan, Senin (3/6/2019) kemarin, merasakan kelancaran luar biasa.

Ardiansyah, warga Bekasi  yang hendak ke Semarang, mengaku hanya butuh waktu empat jam sampai wilayah Pekalongan.

"Mulai dari Bekasi jam 13.00 WIB sampai Pekalongan jam 17.00 WIB dan itu tanpa ada hambatan," katanya, Senin (3/6/2019).

Ardiansyah bahkan heran, kondisi ini beda dengan tahun sebelumnya kemacetan kerap terjadi di ruas tol.

Bahkan, tahun 2012 dan 2013 pernah merasakan lama perjalanan selama 48 jam dan 40 jam untuk menyelesaikan rute yang sama.

Baca: Watimpres dan DPR Puji Kesigapan Kemenhub Tangani Mudik Lebaran 2019

Iapun mengapresiasi pemerintah pusat yang memperhatikan kelancaran mudik lebaran 2019.

Pengamat Transportasi Dion M, makin lancarnya perjalanan karena tiap tahun Pemerintah selalu menambah Improvement dalam bidang transportasi.

"Khususnya Zerro Accident di samping mengimbangi sarana transportasi untuk memahami prosedur berkendara, mengetahui rambu-rambu lalu lintas, mengikuti saran dan pesan pemerintah untuk berpergian jauh," katanya.

Dikatakannya mudik mampu menggelorakan semangat gotong royong kolektif sehingga begitu banyak pihak yang terlibat mulai pemerintah, parpol, swasta, dan BUMN yang tergerak mengadakan mudik bersama untuk rakyat Indonesia.

“Horor kondisi macet sepertinya telah menjadi pengalaman berharga bagi para stakeholder untuk berjibaku memberikan yang terbaik kepada masyarakat dalam menyambut momen spesial lebaran," katanya.

Baca: Kapolsek Keduwung Cirebon Atur Lalu Lintas Sambil Goyang Boboho, Demi Hibur Pemudik

Polri menilai lancarnya arus mudik Lebaran tahun ini karena efektivitas rekayasa lalu lintas one way.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra beralasan, tidak ada penumpukan yang terlalu lama selama arus mudik.

"Iya sangat efektif. Beberapa hari kami sudah melakukan kegiatan one way, itu memberikan kelancaran sehingga tak terjadi penumpukan-penumpukan yang terlalu lama di jalan," ujar Asep di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/6/2019).

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat selama Idul Fitri, Polri menyelenggarakan operasi yang dinamakan Operasi Ketupat 2019.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved