Breaking News:

Ramadan 2020

Hukum Berkumur Sebelum Wudhu ketika Puasa Ramadan  

Hukum berkumur sebelum wudhu bagi seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan menurut Madzhab Imam Syafii adalah makruh.

Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Umat Islam sedang berwudhu sebelum menunaikan salat, berkumur sebelum wudhu tidak dianjurkan ketika sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan. 

TRIBUNNEWS.COM – Dalam penjelasan Fiqih Madzhab Imam Syafii hukum berkumur sebelum berwudhu ketika menjalankan ibadah puasa Ramadan adalah makruh.

Meski berkumur sebelum berwudhu ini tidak dilarang namun disarankan untuk berhati-hati melakukannya agar tidak berlebihan.

Sebab hal yang membatalkan puasa adalah makan dan minum.

"Di dalam Fiqih Imam Syafii, berkumur saat puasa dihukumi makruh. Dijelaskan, berkumur untuk wudhu diperbolehkan sepanjang tidak berlebihan dan air tidak tertelan," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung, Khairuddin Tahmid.

Tidak sedikit umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan ragu dan takut puasanya batal karena berkumur ketika melakukan wudhu saat berpuasa.

Dalam hal ini, kita hendaknya berhati-hati. Sebab harus ingat bahwa jika orang berkumur, maka kemungkinan besar akan ada bagian yang terserap dinding rongga mulut ataupun lidah, yang dalam kondisi kering akibat berpuasa.

Sehingga, seseorang yang berkumur tidak mungkin bisa menahan air, agar tidak terserap masuk ke dalam dinding rongga mulut maupun lidah.

Harus diingat juga bahwa berkumur di dalam wudhu hukumnya sunah.

Jadi, apabila ditinggalkan pun tidak mengapa, mengingat risiko apabila air masuk tertelan akan membatalkan puasa.

"Jangan karena kita mengejar amalan sunah, kita mengambil risiko membatalkan amalan wajib, yaitu puasa Ramadan adalah ibadah wajib," kata Khairuddin. 

Jadi pada prinsipnya, berkumur -kumur merupakan salah satu dari sunah-sunah wudhu, bukan bagian dari rukun wudhu.

Sehingga apabila tidak berkumur -kumur, hal itu tidak membatalkan wudhu.

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Penulis: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved